Partai Gerindra Karanganyar Kehilangan Kursi Wakil Ketua Dewan

0
57
kursi-dpdr-karanganyar

 

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.comPartai Gerindra dipastikan kehilangan kursi wakil ketua Dewan, setelah perolehan kursinya melorot dari 6 kursi pada periode lalu sekarang hanya memperoleh 4 kursi. Dengan demikian partai itu harus berkoalisi dengan partai lain untuk membentuk satu komisi tersendiri, karena kurang memenuhi syarat untuk membentuk komisi sendiri.

Perolehan kursi pada pemilu ini menurut perhitungan Komisi Pemilihan Umum Karanganyar (KPU) adalah PDIP meraih 13 kursi, Partai Golkar memperoleh 12 kursi, PKS memperoleh 5 kursi, PKB memperoleh 5 kursi, disusul Partai Gerindra 4 kursi, PAN dan Partai Demokrat memperoleh masing-masing 3 kursi.

PDIP turun dari pemilu tahun lalu yang memperoleh 14 kursi, Partai Golkar tambah 4 kursi dari 8 kursi pada pemilu  2014, PKS turun 1 kursi, demikian pula Partai Gerindra, PKB naik 1 kursi dari sebelumnya dan Partai Demokrat kehilangan 2 kursi, serta PPP yang tanpa wakil.

Dengan perolehan suara itu, kursi pimpinan dewan diperkirakan tetap akan diisi partai lama. Kursi DPRD dipastikan dari PDIP, wakilnya dari Partai Golkar, PKS dan PKB yang menggantikan Demokrat yang melorot dua kursinya.

Saat dikonfirmasi, Endang Muryani Ketua DPC PDIP mengatakan, secara hitungan suara pihaknya sebetulnya mengalami kenaikan, karena perolehan suara sekarang mencapai  152.723 suara sedangkan pada pemilu 2014 pihaknya hanya meraih sekitar 149.000 lebih suara. Namun karena persebaran suara maka justru berakibat kursinya turun.

‘’Nama-nama siapa yang maju meraih kursi dewan sudah ada, namun secara resmi kami tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU nanti malah salah. Sebab perhitungan yang resmi adalah perhitungan KPU termasuk siapa yang maju mewakili ke kursi DPRD.’’ Kata Endang.

Sedangkan saat ditanya siapa yang akan duduk di kursi ketua Dewan, Endang secara diplomatis menjawab hal itu termasuk yang akan ditentukan mekanismenya tersendiri dan tidak masalah siapapun yang duduk. Yang jelas pasti dari PDIP,’’ kata dia.

‘’Berdasarkan hasil pleno KPU kami sudah menerima hasilnya, berapa suara dan kursinya, namun kami akan tunggu siapa yang masuk termasuk siapa nanti yang akan ditugasi menjadi ketua DPRD periode 2019-2024,’’ kata dia.

Sementara itu Rohadi Widodo mantan wakil bupati yang agaknya akan terpilih lagi sebagai wakil rakyat dari PKS saat mengomentari perolehan suara mengatakan,  pihaknya mengakui perolehan suara pada pemilu kali ini turun. Dari 6 kursi pada pemilu lalu menjadi hanya 5 kursi.

Namun demikian meski hanya 5 kursi PKS tetap akan mendapatkan jatah wakil ketua DPRD. Namun siapa yang akan ditunjuk masih menunggu proses nanti. Sebab memang semuanya harus menunggu proses akhir dari KPU tentang nama-nama yang terpilih.

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here