Tertimbun Longsor, Dua Penambang Pasir Tewas

0
39
longsor-cepogo-boyolali
CEK LOKASI: Polisi mengecek lokasi longsor di Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo, Boyolali. (suaramerdekasolo.com)

BOYOLALI, suaramerdekasolo.com – Nasib nahas dialami dua warga Desa Sukabumi, Kecamatan Cepogo. Keduanya, Trianto (35) dan Tono, (32) tewas seketika setelah tertimbun longsoran tebing setinggi 6 meter dilokasi galian pasir desa setempat, Sabtu (11/5) pukul 12.00. 

Menurut keterangan saksi, mata Moh Ariyanto (47), dua korban bekerja sebagai penambang pasir manual. Usai bekerja pada pukul 12.00, mereka berteduh di bawah goa tempat menggali pasir. Tiba- tiba goa tempat berteduh longsor.

“Saat itu, saya sedang membenahi listrik di rumah. Tiba tiba terdengar suara gemuruh dari arah tempat galian pasir manual,” katanya.

Dia pun langsung berlari menuju lokasi. Setelah memastikan adanya peristiwa tersebut, Moh Ariyanto lalu memanggil warga lainnya untuk melakukan evakuasi kedua korban yang tertimbun longsoran material pasir dan batu. 

“Sejumlah warga langsung berdatangan kesini untuk mengevakuasi korban.”

Diungkapkan, kegiatan penambangan pasir manual ini sering diingatkan warga lainnya. Utamanya saat istirahat, penambang jangan berteduah di goa tempat galian pasir. Penambang juga diminta tidak membuat goa atau ceruk di dasar tebing saat menambang pasir. 

Terpisah, Kapolsek Cepogo AKP Marjoko melalui Kanitreskrim AIPTU  Irawan Wijaya membenarkan kejadian tersebut. “Pada waktu itu dua korban itu sedang melakukan penambangan pasir. Kemudian keduanya istirahat di goa tempat mereka mencari pasir. Mereka tidak menyadari kalau tebing itu bakal runtuh,” katanya. 

Baca :  "Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi" Akrab, Naik Becak di Solo

Atas kejadian itu, petugas akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kejadian. Polisi juga meminta keterangan sejumlah saksi. Sedangkan korban kemudian diserahkan kepada keluarga setelah menjalani visum.

Pihaknya juga berkali- kali mengingatkan kepada para penambang pasir manual agar berhati- hati saat bekerja. Biasanya, penambang menggali pasir dengan cara membuat goa atau ceruk di dasar tebing.

“Goa itu sekaligus jadi tempat istirahat. Padahal kondisi tebing rawan longsor, apalagi jika bagian bawah sudah digali dan diambil pasirnya.” (Joko Murdowo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here