Ramadhan, Objek Wisata Sepi Pengunjung

0
48
wisata-karanganyar-sepi
SEPI PENGUNJUNG : Objek Wisata Kolam Renang Intanpari sepi pengunjung di bulan puasa ini. Kondisi serupa dialami objek wisata lain di Karanganyar. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)
KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com. Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Karanganyar menurun drastis, di bulan Ramadan ini. Di Objek Wisata Candi Cetho, jumlah pengunjung di bulan puasa rata-rata hanya 50 hingga 70 orang per hari. “Turun drastis dibanding hari biasa. Penurunannya sampai 50 persen,” kata Koordinator Pariwisata di Kawasan Candi Cetho Sunard,i, kemarin. 
 
Tak hanya di kawasan candi, jumlah pendaki Gunung Lawu yang melewati jalur Candi Cetho juga turun banyak. 
 
“Trennya seperti itu, kalau bulan puasa turun pengunjungnya. Tapi di bulan Syawal, pengunjungnya meningkat lagi. Banyak yang memanfaatkan momentum libur Lebaran,” tuturnya. 
 
Kondisi serupa terjadi di Objek Wisata Sondokoro. Menurut Marketing Agrowisata Sondokoro Teguh Sinung Nugroho, wisatawan yang datang ke objek wisata di kompleks Pabrik Gula Tasikmadu relatif sepi. 
“Terkadang tidak sampai 100 tiket yang terjual dalam sehari. Kalau kondisi normal, meski hari biasa, pengunjung cukup ramai. Di akhir pekan bisa 2 ribu tiket terjual,” tuturnya. 
 
Namun kondisi itu dimaklumi, karena di bulan Ramadan tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan waktunya untuk berwisata. “Kalau bulan puasa seperti ini, malah kami manfaatkan untuk membenahi wahana yang ada. Untuk perawatan, sebagai persiapan menghadapi momentum Lebaran,” tuturnya. 
 
Saat Lebaran, wisatawan yang datang akan membeludak. Bahkan bisa dikatakan nonstop, karena sejak pagi hingga sore wisatawan terus berdatangan. “Kami tidak ingin, saat wisatawan banyak, wahana permainan yang ada malah tidak maksimal,” imbuhnya.  
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar Titis Sri Jawoto mengakui, hampir semua objek wisata sepi pengunjung di bulan Ramadan. Termasuk di objek wisata milik Pemkab Karanganyar, seperti Bukit Sekipan, Candi Sukuh dan Candi Cetho, Klaster Dayu, maupun Kolam Renang Intanpari dan kawasan Edupark. 
“Turunnya 70 persen dibandingkan hari biasa. Sepi. Di Kolam Renang Intanpari, yang masuk tidak banyak. Thar thir,” tuturnya. 
 
Namun pada pekan ketiga Ramadan, kunjungan wisatawan biasanya mulai menggeliat. Kondisi akan ramai setelah Lebaran, hingga sebulan sesudahnya. 
Meskipun kondisi sepi pengunjung, namun Titis memastikan, pelayanan kepada pengunjung tidak akan berubah. “Petugas tetap stand by. Pelayanan berlangsung seperti biasa,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 
Baca :  Babinsa Memasak ? Begini Keseruan dan kemahirannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here