Pos Terpadu Akan Dipindah ke Ngasem

0
33
pos-tol-ngasem
BEBAS HAMBATAN : Kendaraan melintas di ruas jalan tol Solo-Kertosono, yang exit toll-nya ada di kawasan Ngasem dan Klodran, Colomadu. Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di exit toll Ngasem, Polres Karanganyar berencana menempatkan Pos Terpadu Pengamanan Lebaran 2019 di kawasan tersebut. (suaramerdekasolo.com/Irfan Salafudin)
*Pengamanan Lebaran 2019 
 
KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com – Polres Karanganyar akan memindahkan Pos Terpadu Pengamanan Lebaran yang biasanya berlokasi di Alun-Alun Karanganyar ke sekitar pintu tol Ngasem, Colomadu pada tahun ini. Pemindahan dilakukan, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di exit toll Ngasem. 
Selain pos terpadu, Polres juga akan menyiapkan lima pos pengamanan (pospam) dan dua pos pelayanan, selama pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019. 
 
Kabag Ops Polres Karanganyar Kompol I Wayan Suditha menjelaskan, setelah ruas jalan tol Solo-Kertosono (Soker) beroperasi beberapa waktu terakhir, exit toll Ngasem menjadi salah satu titik kepadatan lalu lintas pada masa arus mudik dan arus balik. 
 
Kepadatan lalu lintas di Ngasem, karena pintu tol tersebut menjadi titik pertemuan lalu lintas dari tiga arah, yakni Solo, Yogyakarta dan Semarang. Pintu tol tersebut juga berada di perbatasan tiga wilayah, yakni Sukoharjo, Karanganyar dan Boyolali. 
 
“Hal ini menjadi perhatian sejumlah pejabat. Terkadang, Presiden juga melintasi kawasan Ngasem ataupun Klodran, saat pulang ke Solo. Dengan pertimbangan tersebut, maka pos terpadu yang biasanya berada di kawasan Alun-Alun Karanganyar, digeser penempatannya ke kawasan Ngasem,” jelasnya. 
 
Mengenai lima pospam yang akan didirikan, lanjut Kabag Ops, lokasinya tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni di kawasan Klodran (wilayah Kecamatan Colomadu), Gondangrejo, Kebakkramat, Colomadu dan Tawangmangu.  
 
Lima lokasi tersebut kepadatan lalu lintasnya cukup tinggi, selain karena menjadi titik pertemuan lalu lintas dari beberapa wilayah, juga merupakan kawasan wisata. 
“Untuk pos pelayanan, rencananya akan ditempatkan di Bejen (Karanganyar Kota) dan Karangpandan. Ini untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas menuju ke Tawangmangu dan Ngargoyoso, yang merupakan kawasan wisata,” tuturnya. 
 
Menurut Kabag Ops, kawasan Ngargoyoso sebenarnya juga membutuhkan keberadaan pos pelayanan, karena kepadatan wisatawan di tempat tersebut. “Namun karena keterbatasan personel, masih dipertimbangkan. Jika memungkinkan, nanti akan ada penempatan personel di pos pelayanan Ngargoyoso,” imbuhnya. 
Polres Karanganyar, kata Kabag Ops, akan menerjunkan 260 personel dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019. Mereka akan diperkuat personel dari instansi samping, dalam melaksanakan pengamanan selama masa Lebaran. (Irfan Salafudin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here