Vocalista Angles Siap Berlaga di Vietnam

0
203
paduan-suara-evocalista3
PAMITAN : Vacalista Angels membawakan lagu-lagu dengan apik pada acara pamitan dan pelepasan di Pendapa Pemkab Klaten, Minggu (12/5).(suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Kelompok paduan suara asal Klaten, Vocalista Angels (VA) akan kembali mengikuti 6th Vietnam International Choir Competition di Hio An, Vietnam, 16-17 Mei 2019. Bahkan, karena sudah beberapa kali meraih juara di berbagai event internasional, Vocalistas Angel mendapat kehormatan untuk tampil saat upacara pembukaan, 15 Mei 2019.
‘’Kami akan terbang ke Hoi An, 14 Mei. Tanggal 15 kami langsung berlatih untuk tampil di upacara pembukaan. Lombanya digelar dua hari, hari pertama 16 Mei untuk children choir dan hari kedua untuk foklor (lagu daerah),’’ kata Manajer VA, Chatarina Adventina Tersiera Rosa.

Menjelang keberangkatan, VA menggelar acara pamitan dengan Bupati sekaligus pelepasan kontingen di Pendapa Pemkab Klaten, Minggu (12/5) malam. Namun sayang, Bupati Sri Mulyani berhalangan hadir dan mewakilkan Staf Akhi Bupati, Wahyu Prasetyo. Tampak pula hadir Kepala Disparbudpora Klaten, Pantoro serta sejumlah tokoh lintas iman.
‘’Bupati dan Pemkab Klaten sangat mendukung keberangkatan Vocalista Angels ke Vietnam untuk berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Kami turut berdoa, agar nanti pulang meraih prestasi terbaik, bagi Indonesia dan Klaten,’’ ujar Wahyu Prasetyo.

Dalam kesempatan itu, 31 penyanyi usia SD sampai SMA unjuk kemampuan dengan membawakan 4 tembang dengan arahan pelatihnya Yason Christy Pranowo. Mereka membawakan antara lain lagu Yamko Rambe, Romo Ana Maling dan We Are The Champion dengan aransemen dan koreografi yang mengundang aplaus dari ratusan hadirin.

Baca :  Hore...ASN di Klaten Naik Pangkat

Yason Christy mengatakan, total jumlah kontingen adalah 35 orang terdiri atas 31 penyanyi, dirinya, pemain musik, official dan manajer. Sebelumnya, mereka telah berlatih maksimal selama tiga bulan untuk menyiapkan 6 tembang yang akan dibawakan.
Untuk katagori Children Choir yang akan tampil 16 Mei, Vocalista Angels akan membawakan 3 lagu yakni Down in My Soul, Tabuh Gendang, dan Payung Fantasi. Sedangkan untuk katagori Folklor ada lagu Dara Lumau dari Kalimantan, Yamko Rambe dari Papua dan Romo Ana Maling dari Jawa Tengah.
‘’Yang paling berat selama latihan dari nol untuk penggabungan suara, karena semua penyanyi baru. Ada yang baru bergabung 1 tahun, 5 bulan bahkan 4 bulan. Awalnya, kami latihan seminggu dua kali, tapi sebulan terakhir tiap hari rata-rata 6-7 jam. Bahkan pernah sampai 13 jam sehari. Beruntung, anak-anak sangat bersemangat,’’ tegas Yason Christy.

Selama latihan, mereka juga menghadapi kendala karena ada beberapa peserta yang masih duduk di kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA yang harus menghadapi ujian akhir. Penyanyi harus membagi waktu antara latihan dan belajar. ‘’Mereka cukup tangguh, tetap berangkat latihan meski di sela-sela latihan harus belajar,’’ tegas Yason memuji anak asuhnya.
Menurut Thea, anak-anak berlatih dengan disiplin tinggi, antara lain tidak boleh makan gorengan, makan yang pedas-pedas dan es. Selain itu, agar suaranya bagus mereka juga rajin mengunyah kencur. Bahkan tanpa disuruh, mereka akan dengan sendirinya mengungah kencur bila suaranya terdengar agak pecah. Selain itu, mereka harus makan teratur dan menjaga kesehatan.
‘’Rencananya, anak-anak akan tampil dengan kostum yang disiapkan manajer, yakni dengan pakaian adat Kalimantan dan Papua. Semoga kami bisa memikat perhatian dewan juri dan membawa kemenangan bagi masyarakat Indonesia dan masyarakat Klaten,’’ ujar dia.(Merawati Sunantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here