70 Persen Siswa SMK 1 Karanganyar Langsung Dapat Kerja

0
50
lulusan-smk-karanganyar
WISUDA SISWA– Siswa SMK 1 Karanganyar diwisuda dan dilepas untuk terjun ke masyarakat. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 70 persen dari 520 wisudawan lulusan SMK Negeri 1 Karanganyar sudah terserap ke berbagai industri di berbagai tempat, karena mereka memang dibekali dengan teori keahlian yang memadai.

‘’Sebanyak 20 persennya melanjutkan kuliah ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan sisanya yang 10 persen berwirausaha dan memilih mendirikan sendiri usaha yang lebih baik serta bekerja mandiri yang lebih profesional,’’ kata Tenang Pranata, Kepala SMK 1 Karanganyar saat pelepasan di Gedung Wanita, Rabu (15/5).

Data itu dia percaya sebab itu dimiliki oleh unit biro kerja khusus yang memang mendata dan menerima pelaporan dari setiap alumni, yang juga memungkinkan menjalin hubungan jika diperlukan informasi untuk adik kelasnya kelak.

Tenang mengatakan, ada sekitar 60 siswa yang terpilih dan memilih bekerja sebagai tenaga kerja di luar negeri, di industri elektronik di Malaysia. Saat ini mereka tengah dalam proses siap-siap dan sekitar September nanti mereka akan berangkat ke negeri jiran.

Dia mengatakan, sudah sejak lama sekolah menjalin hubungan dengan Perusahaan Pengirim Tenaga Kerja resmi di Karanganyar dan Jateng, untuk mendapatkan informasi tentang adanya formasi tenaga kerja formal di Malaysia, Korea dan Jepang.

Saat ini, lulusan SMK 1 Karanganyar yang terbagi dalam jurusan akuntansi dan perkantoran yang masuk dalam jurusan bisnis dan ekonomi, tata busana, multi media dan lainnya, memiliki sertifikat kompetensi yang dimiliki setelah menempuh ujian khusus.

Dengan sertifikat itu maka mereka semakin percaya diri dan menunjukkan bahwa mereka memang ahli dalam bidang tersebut dan layak bekerja dalam bidang itu, baik di perkantoran dan industri. Sertifikat iu juga menunjukkan kepercayaan pada pemilik Industri dan kantor untuk menerima siswa tersebut.

Dalam kesempatan itu dia mengemukakan, ada 10 siswa yang meraih angka sempurna dalam mata pelajaran Bahas Indonesia serta 4 siswa yang meraih nilai sempurna dalam bidang Matematika. Di Karanganyar, sekolah tersebut tetap menjadi yang terdepan dalam sekolah yang memiliki jurusan tersebut.(Joko DH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here