Desa Glesungrejo Bagikan Delapan Perahu untuk Nelayan

0
27
bantuan-perahu-wonogiri
MENCARI IKAN : Beberapa nelayan mencari ikan dengan perahu di perairan Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com– Pemerintah Desa Glesungrejo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri mengalokasikan dana sekitar Rp 30 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Anggaran tersebut akan digunakan untuk mengadakan delapan unit perahu nelayan.
Kepala Desa Glesungrejo Andi Wirawan mengatakan, perahu tersebut berbahan fiberglass yang lebih tahan lama dari pada perahu berbahan kayu. Selama ini, sebagian besar nelayan desa tersebut masih menggunakan perahu kayu.
“Perahu merupakan kebutuhan utama nelayan. Selama ini kebanyakan nelayan hanya menggunakan perahu kayu. Perahu kayu mudah lapuk, biasanya hanya bertahan 4-5 tahun,” katanya, Rabu (15/5).
Pemerintah Desa Glesungrejo tahun lalu juga melaksanakan pengadaan perahu nelayan. Namun, jumlah perahu yang dibagikan saat itu hanya empat unit. Adapun pembuatan perahu tersebut bekerja sama dengan perajin perahu dari Pacitan (Jatim). 
Perahu akan diberikan kepada dua kelompok nelayan desa setempat, yakni kelompok nelayan Ngudi Rejeki yang beranggotakan 24 orang dan Sami Rahayu yang beranggotakan 38 orang. Kelompok nelayan menerapkan kebijakannya masing-masing dalam mengelola perahu. 
“Nelayan yang menerima perahu akan diminta iuran selama beberapa bulan. Kalau iuran yang terkumpul sudah mencapai Rp 2-2,5 juta, uangnya digunakan untuk membeli perahu bagi nelayan lain yang belum punya perahu,” terangnya.
Pada musim hujan atau ketika waduk masih dipenuhi air, nelayan dapat menambatkan perahunya di Desa Glesungrejo. Namun ketika air waduk mengering, mereka terpaksa menambatkan perahunya hingga ke Desa Boto, Kecamatan Baturetno.
“Kalau musim kemarau, air waduk surut jauh sampai Desa Boto, sehingga nelayan menaruh perahunya di sana. Kalau mau pakai perahu, nelayan kami harus bersepeda motor ke Boto,” ujarnya. (Khalid Yogi)
Baca :  Dua Caleg di Wonogiri Diperiksa Bawaslu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here