Hanya Satu Siswa SMA di Kota Wonogiri tidak Lulus

0
62
kelulusan-un-wonogiri
FOTO ILUSTRASI

*99,99 Persen Dinyatakan Lulus

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com –  Sebanyak 3.190 siswa SMA di Kabupaten Wonogiri dinyatakan lulus, Senin (13/5). Hanya satu siswa dari SMA 1 Baturetno yang dinyatakan tidak lulus. Dengan demikian, persentase kelulusan siswa SMA di kabupaten itu mencapai 99,99%.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Wonogiri, Pujo Irianto Langgeng mengatakan, pengumuman kelulusan siswa SMA dilaksanakan secara serentak di seluruh Wonogiri pukul 15.00. “Persentase kelulusan siswa SMA mencapai 99,99%,” katanya, Senin (13/5).

Dia menerangkan, penentu kelulusan adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Dengan demikian, setiap sekolah mempunyai kriteria masing-masing untuk meluluskan siswanya. “Tetapi kriteria-kriteria kelulusan itu tetap harus mengacu pada ketentuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” terang Pujo yang juga kepala SMA 1 Wuryantoro tersebut.

Adapun seluruh siswa SMA 1 Wuryantoro dinyatakan lulus. Jumlah siswa kelas XII SMA itu mencapai 266 orang. “Sekolah kami 100% lulus,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi aksi coret-coret dan konvoi, pihak sekolah menerapkan kebijakan tersendiri. Antara lain meminta para siswa mengenakan baju batik saat hari pengumuman kelulusan. Sedangkan pengumuman kelulusan hanya bisa diambil oleh orang tua siswa.

“Para siswa memakai batik dan bersepatu. Seragamnya kami arahkan untuk disumbangkan kepada yang tidak mampu. Kami juga meminta anak-anak tidak coret-coret dan berkonvoi, apalagi sekarang bulan Ramadhan,” katanya.

Hal senada diutarakan kepala SMK 2 Wonogiri Suwandi. Ketua MKKS SMK Kabupaten Wonogiri itu mengatakan, pihaknya telah berpesan kepada para siswa agar tidak melakukan aksi coret-coret dan konvoi. “Sejak awal sudah kami sosialisasikan agar anak-anak tidak coret-coret dan konvoi. Sebab, persaingan di dunia nyata lebih berat. Kelulusan hanya langkah awal untuk menghadapi perjuangan berikutnya,” pesannya.

Oleh karena itu, para siswa diminta pulang bersama orang tua mereka setelah mengambil pengumuman kelulusan. Adapun persentase kelulusan SMK 2 Wonogiri mencapai 100%. “Ada 509 siswa yang menjadi peserta. Semuanya ujian lulus,” katanya. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here