Pemuda Urutsewu Belajar Membatik dengan Pewarnaan Alami

0
pelatihan-ecoprint-urut-sew
TUNJUKAN KARYA : Peserta pelatihan membatik dan ecoprint di Desa Urutsewu Ampel menunjukkan karyanya, Kamis (16/5). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Warga Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Boyolali, terutama para pemuda dan remaja putri mendapatkan pengalaman berharga pada bulan suci ramadhan ini.
Di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa ini, para mereka menimba ilmu tata cara membatik sekaligus pewarnaan kain dengan zat khusus secara alami dari Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali.
Pelaksanaan pelatihan yang diikuti 18 peserta ini menggunakan tempat di Kantor Kelurahan Desa Urutsewu, Kamis (16/5).

Pengurus Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda Disporapar Boyolali, Yusi Aristiyani mengatakan, Desa Urutsewu adalah desa kesekian yang dijamah institusinya, dimana sebelumnya program serupa merambah wilayah pinggiran Boyolali bagian timur.

“Kali ini pelatihan membatik dengan pewarnaan ecoprint (pewarna alami) digelar di Ampel, Desa Urutsewu, mengingat para pemudi di desa itu termasuk aktif,” kata Yusi.

Dalam pelatihan sehari ini, pelatih menyampaikan materi tentang tata cara membatik, mulai dari membuat pola, mencanting pola, hingga pewarnaan dari bahan alami.
Di sela-sela praktik itu peserta juga diberikan pemahaman tentang bagimana mengolah bahan-bahan alami sebagai pewarnaan.

“Desa-desa yang kami datangi untuk diberikan pelatihan antusias, dan senang mendapatkan pelatihan ini,” jelas Yusi. (Budi Santoso)

Tinggalkan Pesan