Aliansi Mahasiswa Gelar Aksi Di Depan Kantor KPU Surakarta

0
aksi-mahasiswa-kpu-surakarta3
SALAT BERSAMA : Puluhan mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Soloraya menggelar aksi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta dengan salat bersama, Senin (20/5) siang. (suaramerdekasolo.com/dok)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Puluhan mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Soloraya menggelar aksi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta, Senin (20/5) siang. Aksi tersebut sebagai bentuk keprihatinan terhadap penyelenggaraan Pemilu yang menyebabkan banyaknya nyawa melayang. Para mahasiswa mendesak dilakukannya evaluasi penyelenggaraan Pemilu agar ke depan bisa lebih baik. 
Koordinator aksi, Agil mengungkapkan, penyelenggaraan Pemilu tahun ini perlu dilakukan pembenahan. Hal ini salah satunya karena banyaknya petugas penyelenggara Pemilu yang meninggal karena kelelahan. Untuk itu, para mahasiswa pun meminta KPU untuk melakukan evaluasi. 
“KPU harus dievaluasi secara menyeluruh. Baik itu mengenai regulasi, perencanaan, organisasi, rekrutmen dan juga pelatihan,” kata Agil disela aksi.
 
 
 
Menurutnya, pembenahan dalam penyelenggaraan Pemilu mendesak dilakukan. Paling tidak perbaikan sudah bisa dirumuskan pada tahun 2021 mendatang. 
Sehingga, dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang sudah menerapkan aturan baru yang lebih baik. Kemudian, Aliansi Mahasiswa juga menyoroti soal realisasi santunan kepada para petugas yang sudah meninggal. 
“Santunan harus segera direalisasikan oleh pemerintah. Kami juga menyampaikan pernyataan sikap, diantaranya pembentukan Tim Gabungan pencari Fakta (TGPF) guna menguak penyebab kematian petugas penyelenggara Pemilu,” imbuhnya. 
Para mahasiswa juga meminta kepada kedua belah pihak yang sudah berkontestasi agar tidak memanfaatkan isu kemanusiaan untuk kepentingan politik. Aksi ini dijaga ketat oleh personel gabungan dari TNI dan Polri. (Ari Purnomo)

Tinggalkan Pesan