Tak Ada Rencana Spesial

0
28
subagiyo-dinas-perdagangan

LEBARAN 2019 menjadi kesempatan terakhir bagi Subagiyo untuk menikmati suasana hari raya sebagai abdi praja. Meski demikian, ia tidak menyiapkan rencana spesial untuk menyambut momentum tersebut.
Purna tugas pada pertengahan tahun ini, Kepala Dinas Perdagangan Surakarta tersebut mengaku tetap berlebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. “Belum ada rencana. Besok ya dipikir besok,” tutur Subagiyo.
Jika demikian, maka dipastikan Idul Fitri tahun ini pun akan diisi Subagiyo dengan Shalat Id di halaman Balai Kota pada Lebaran hari pertama. Sehari berikutnya mudik bersama keluarga ke Semarang.
Di Kota Lumpia, ayah dua anak ini biasa bersilaturahmi dengan keluarga. “Lebaran hari kedua biasanya langsung jalan lagi ke Lamongan, Jawa Timur. Istri saya memang asli sana.”
Tak lama usai bersilaturahmi dengan keluarga sang istri, Subagiyo pun langsung bertolak ke Solo. “Hari ketiga atau keempat Lebaran biasanya saya sudah di Solo. Rata-rata begitu tiap tahun,” kata dia.
Waktu mudik yang sangat terbatas itu tidak terlepas dari aktivitasnya sebagai pengampu kebijakan bagi seluruh pasar tradisional di Solo. “Pasar tidak libur, karena memang tidak diatur dalam Perda. Jadi saya harus mengawasi operasional pasar-pasar tradisional, sekalipun tidak terjun ke lapangan,” dalih Subagiyo.
Halal bihalal bersama kolega dan rekan semasa kuliah atau sekolah selama libur Lebaran, yang lazim digelar siapapun juga hampir tidak pernah masuk agenda rutin Subagiyo. “Reuni-reuni atau temu kangen selalu didatangi di luar libur Lebaran. Teman-teman semasa SD sampai SMA juga hampir tidak pernah berkumpul saat mudik Lebaran, karena terbentur kesibukan masing-masing,” jelas pria yang menghabiskan masa sekolah di Kendal ini.
Meski terbilang rutin, Subagiyo mengaku selalu menikmati saat-saat berkumpul bersama keluarganya tersebut. “Intinya kan bersilaturahmi dan berkumpul itu. Soal waktu yang terbatas, ya mau bagaimana lagi,” kata dia. (Agustinus Ariawan)

Baca :  Henry Ingin Menginspirasi Lewat Biografi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here