41 Rambu Portabel Tambahan Untuk Petunjuk Jalan Alternatif

0
rambu-portable-karanganyar
RAMBU PORTABEL –Dshub memasang rambu portable di jalan-jalan alternatif menuju dan ke tempat wisata. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 41 rambu portabel tambahan dipasang Dinas Perhubungan Karanganyar, di 21 titik yang kebanyakan di kompleks wisata Ngarhoyoso, sekitar Waduk Gondang, Kerjo, Mojogedang, Karangpandan, Palur, dan exit jalan tol Kebakkramat, Wonorejo dan Klodran.

‘’Kita pasang petunjuk arah tambahan, untuk memudahkan pemudik dan wisatawan yang memanfaatkan pulang kampung sekaligus wisata di tempat wisata di Karanganyar. Karena itu mereka diharapkan tidak salah jalur dan bisa memanfaatkan jalur alternatif masuk-masuk kampung,’’ kata Sundoro, Kadishub kepada wartawan saat ramp check bus, Selasa (21/5).

Dia mengatakan, usai lebaran dipastikan banyak pemudik yang akan berkunjung ke tempat wisata. Terutama di Ngargoyoso yang merupakan tempat destinasi wisata yang mulai berkembang akhir-akhir ini. Setiap hari libur dipastikan terjadi kemacetan di tempat itu.

Selain Ngargoyoso, juga Waduk Gondang yang baru saja diresmikan, yang pasti akan memacing rasa penasaran orang untuk melihat waduk tersebut. Sungguhpun belum digenangi, tempat itu dipastikan menarik perhatian.

Baca : Soal Sekda, Karanganyar Tunggu Persetujuan Komisi ASN

Baca : Baznas Karanganyar Targetkan 24 Ton Beras Zakat Fitrah

‘’Efektifnya biasanya sampai H+7. Rambu-rambu portabel itu digunakan, namun kami akan mulai melepas rambu tambahan itu pada H+15 Lrbaran. Sebab rambu itu akan sangat berguna jika ada kemacetan. Sebab kami memasangnya untuk melewati jalan-jalan alternatif jika pulang dari lokasi wisata tersebut,’’ kata Sundoro.

Perkiraan pemudik

Dikatakannya, untuk jalan bagi pemudik, diperkirakan malah turun sekitar 20 % karena pemudik yang menggunakan bus dan mobil akan melewati jalan tol. Sehingga mereka yang ke Jatim akan langsung ke tempat tujuan. Hanya yang di Magetan, Ponorogo, Pacitan akan menggunakan jalan biasa.

Karena itu untuk rambu tol kita pasang lebih banyak di exit tol mulai Klodran, Wonorejo yang mulai dibuka H-6 lebaran, dan exit tol Kebakkramat yang diperkirakan akan banyak mengalami crowded karena mobil harus memutar untuk yang jurusan ke Karanganyar, Palur dan lainnya.

Baca : Sidak di Pasar Palur , 38 Jenis Makanan-Minuman Ditemukan Kedaluwarsa

Sedangkan rambu portabel lebih difokuskan ke jalan alternatif di Karangpandan, Ngargoyoso, sekitar  Waduk Gondang, Kerjo, Mojogedang, sampai kembali ke Karanganyar kota. Diusahakan wisatawan tidak menggunakan jalur linier, artinya dari Ngargoyoso kembali lagi ke Ngargoyoso.

Namun mereka kembali lewat Kerjo, Mojogedang, ke Karanganyar kota, atau dari Ngargoyoso kembali lewat Kerjo dan Jenawi, kemudian ke Sragen. Sehingga arusnya memutar dan tidak menimbulkan macet.

Sementara itu untuk jalan tembus Tawangmangu – Magetan yang rawan longsor dan sempat mengakibatkan korban tewas karena kejatuhan batu, Sundoro mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sudah memasang rambu portabel untuk memperingatkan pengendara agar berhati-hati melewati jalan yang rawan longsor.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan