Terminal Tirtonadi Masuk Wilayah Bebas Korupsi

0
tirtonadi-kawasan-bebas-korupsi
WAWANCARA : Kepala Satuan Kerja Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto sedang diwawancari wartawan usai penandatanganan Tirtonadi sebagai kawasan bebas korupsi, Rabu (22/5). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasoo.com – Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta menjadi salah satu terminal tipe A di Indonesia yang masuk sebagai kawasan bebas korupsi. Penetapan status istimewa itu diberikan setelah pemerintah melalui BPK memberikan penilaian. Pada Rabu (22/5), di terminal terbesar di Jateng itu dilaksanakan penandatanganan kawasan bebas korupsi yang di sandang oleh Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta. 

Kepala Satuan Kerja Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto mengungkapkapan, sebelum dinyatakan sebagai kawasan bebas korupsi, terminal yang terletak di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari Solo itu sudah terlebih dahulu menekankan pelayanan prima kepada penumpang. 

Baca : Mobil Sedan Ringsek Diseruduk KA di Persimpangan KA Purwosari

Baca : Pemerintah Resmi Turunkan Tarif Batas Atas Pesawat

“Kami kometmien, konteksnya ya pelayanan. Apalagi yang kami korupsi. Lalu,  ada perintah (terminal Tipe A Tirtonadi-red) Tirtonadi sebagai wilayah bebas korupsi. Sebetulnya itu semua sudah kita jalankan, nah secara simbolis kesepakatan kita buat. Komitmen itu sudah diwujudkan bebas korupsi, dalam bentuk penandatanganan wilayah bebas korupsi murni,” katanya kepada wartawan.  

Joko mengemukakan, pimpinannya baik di provinsi atau di pusat sudah sejak lama melihat Tirtonadi patut sebagai kawasan yang bebas korupsi. Selain itu secara persyaratan terminal ini juga sudah layak. Jadi tidak sulit bagi pemerintah pusat dalam hal ini lembaga-lembaga antirasuah semacam BPK, KPK, dan aparat penegak hukum lainnya merestui salah satu fasilitas publik ini bebas dari kejahatan korupsi. 

Satu lagi yang bisa dikroscek sampai ke bawah soal keterbukaan informasi dan birokrasi yang berlaku di terminal inilah adalah penentuan tarif kios di terminal. Menurut Joko, sistem penentuan sewa kios di terminal dilakukan secara terbuka dan fair. “Sistem sewa kios saja, kami pastikan bebas korupsi,” imbuhnya. (Budi Santoso) 

 

Tinggalkan Pesan