1001 Tumpeng dan Harapan Masa Depan Tanah Air

0
umbul-donga-solo
KETERANGAN PERS : Hary Prasetyo (tengah) memberikan penjelasan kepada wartawan terkait pelaksanaan kegiatan umbul dongan warga Solo di 1001 yang dijadwal digelar di Pendhapi Gede Balai Kota Surakarta, Kamis (23/5). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com– Warga Solo terdiri atas latar belakang budaya, agama, pendidikan mengikuti dengan khidmat acara umbul donga warga Solo 1001 tumpeng di Pendhapi Gede Kompleks Balai Kota Surakarta, Kamis (23/5) sore. Mereka memanjatkan doa-doa dan harapan agar Bangsa Indonesia ke depan lebih maju, lebih baik lagi, masyarakat adil makmur, keamanan dan ketertiban terjaga. Dipilihnya 1000 tumpeng plus satu tumpeng besar atau total 1001 tumpeng memiliki makna filosofi tentang angka yang indah, angka yang cantik, angka yang memberikan harapan besar.

Seperti yang dituturkan FX Hadi Rudytamo, Wali Kota Surakarta sekaligus tokoh masyarakat Solo kepada wartawan sebelum ritual umbul donga dihelat. Menurutnya, makna umbul donga dengan uba rampe 1001 tumpeng adalah harapan kepada pemerintahan yang baru, di bawah kepemimpinan Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Simbol 1001 tumpeng menggambarkan kepala negara, kepala pemerintahan yang melayani ratusan juta rakyat Indonesia.

“Jadi acara umbul donga 1001 tumpeng ini adalah doa bersama warga Solo atas terlaksananya pemilu 2019 yang damai, tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh KPU hingga terpilihnya Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden (periode 2019-2024). Umbul dongan dan 1001 tumpeng ini juga sebagai perwujudan agar Presiden Joko Widodo bisa melayani seluruh rakyat Indonesia,” jelas orang nomor satu di Kota Solo ini.

Rudy sapaan FX Hadi Rudyatmo mengakui keberhasilan pasangan Jokowi – Amin melenggang kedua kalinya di kursi nomor wahid di NKRI ini menunjukkan kepercayaan publik kepada keduanya. Ia berharap proyek infrastruktur terus dilanjutkan, sehingga menuju kepada kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran.

Indonesia maju

Irfan Irfai dari Koalisi Gusdurian menyatakan, sebanyak 200 orang rekannya hadir dalam ajang ini. Sebagai kalangan muda dirinya senang dengan keberhasilan duet petahana dalam pemilu 2019. “Ini ajang tasyakaruan, rasa syukur kepda Alloh Swt,” kata santri di Ponpes Al Muayyad Solo ini.
Mewakili kalangan milenia ia yakin, duet Jokowi-Ma’ruf akan membuat indonesia lebih maju, ekonomi maju, keamanan terjamin dan membuat Indonesia maju.

” Ya harapan kami pemuda lebih leluasa mengembangkan bakat kemampuan, dengan Pak Jokowi jadi lagi, lapangan pekerjaan bagi anak muda lebih banyak lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Harry Prasetyo, ketua panitia mengatakan, umbul donga dikirab mengelilingi pendhapi gedhe Balai Kota Surakarta. Urut-urutan kirab adalah barisan pertama bergodo, cucuk lampah, dan barisan tumpeng yang dipimpin AD 1.(Budi Santoso)

Tinggalkan Pesan