Jelang Arus Mudik Lebaran, Periksa Kesehatan Pengemudi dan Cek Kendaraan

0
cek-kesehatan-sopir1
PEMERIKSAAN KESEHATAN: Petugas memeriksa kondisi kesehatan para pengemudi di Terminal Pilangsari, Sragen, Kamis (23/5). (suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwoto)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Berbagai persiapan dilakukan menghadap arus mudik Lebaran tahun ini. Salah satu yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan dan pengecekan kendaraan, yang dilakukan di Terminal Pilangsari, Kamis (23/5). Kegiatan itu melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satlantas Polres Sragen.
Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Umum Dishub, Bintoro Setiyadi mengatakan, Kegiatan tersebut, juga bertujuan guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcarlantas) di Kabupaten Sragen pada mudik Lebaran tahun ini.

“Pemeriksaan kesehatan meliputi tes kesehatan kepada sejumlah supir bus oleh petugas gabungan,” kata Bintoro. Sementara untuk pengecekan dilakukan terhadap roda, kelistrikan, lampu dan lainnya.

Bintoro mengungkapkan, kegiatan itu adalah bagian dari pada tugas mereka menyiapkan rangkaian angkutan Lebaran. Sehingga perlu dilakukan cek kelayakan kendaraan dan kesehatan bagi para pengemudi. Selain itu, pengecekan itu juga bertujuan mengantisipasi selama penyelenggaraan Lebaran tidak ada kendala kecelakaan yang diakibatkan dari faktor teknis, baik di jalan maupun kesehatan para pengemudi.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, para pengemudi dinyatakan cukup bagus. Hanya ada ditemui ada pengemudi yang pada urinenya mengandung alkohol, hal itu karena pengemudi tersebut beralasan sedang minum obat batuk. Selain itu biasanya, mendekati hari H Lebaran sebagian pengemudi dilanda kelelahan, Namun dirinya bersama tim akan mengatisipasi agar tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan.

Baca : Menunggu Buka, Anak-anak Belajar Agama Lewat Mobil Iqra

Misalnya seperti penempatan baterai juga harus dipertimbangkan dengan baik. ”Kami sosialisasikan kepada para pengemudi, penempatan baterai itu tidak ada barang lain yang ditempat itu yang bisa menghantarkan listrik, seperti kunci roda stang dongkrak dan sebagainya. Kami arahkan untuk di pindahkan ke penyimpanan lain, karena apa kondisi jalan mungkin ada goncangan dan sebagainya benda benda penghantar tersebut bisa berakibat konslet,” tuturnya.

Dian Trikoriati selaku Kepala TU BBTK LPP Yogyakarta, menyampaikan dari hasil pengecekan Kesehatan yang dilakukan petugas gabungan di Terminal Pilangsari Sragen. “Kami periksa kondisi supir, selain tensi kami juga periksa gula darah, alkohol,” tuturnya. Ada satu pengemudi telah ditemukan alkoholnya positif dan itu nanti akan dilakukan cek ulang lebih lanjut, tapi sebagian besar baik,” tandasnya.

Baca : Ngabuburit di Taman Bunga

Bambang Kristiono (40) salah satu supir PO Eka mengatakan, dirinya sangat senang dengan kegiatan ini, karena bisa mengetahui kesehatan secara langsung. ”Saya sudah 3 tahun ini mas setiap mau lebaran di terminal dilakukan pengecekan kesehatan, allhamdulilah hasilnya baik dan sehat mas. Rasanya juga senang bisa cek kesehatan gratis disini,” terang warga Jalan Sumpil Blimbing, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini. (Basuni Hariwoto)

Tinggalkan Pesan