Menunggu Buka, Anak-anak Belajar Agama Lewat Mobil Iqra

0
arsa-mobil-iqra
BELAJAR AGAMA : Anak-anak Sanggar Bhineka binaan dari P4GN Sukoharjo tengah belajar agama lewat Mobil Iqra CT Arsa. (suaramerdekasolo.com/Ari Welianto)

SUKOHARJO ,suaramerdekasolo.com – Puluhan anak-anak belajar soal agama dan membaca al quran menjelang buka puasa bersama Mobil Iqro dari CT Arsa di halaman Kantor BNK Sukoharjo. Mereka jugamendapatkan dongeng dari cerita tentang kisah-kisah para nabi.

Anak-anak dari Sanggar Bhineka yang merupakan binaan dari Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sangat antusian belajar dan mendengarkan dongeng. “Pertama mereka belajar membaca Iqro. Lalu dilanjutkan mendongeng dengan cerita kisah-kisah nabi,” ujar Petugas Mobil Iqra, Dwi Purnomo, Kamis (23/5).

Pada Mobil Iqra ini ada koleksi sekitar 210 buku tentang agama, seperti kisah nabi, tuntunan salat, cara berwudlu maupun iqra. Anak-anak sangat antusias saat belajar agama, mereka mampu membaca dan mendengarkan dengan baik. Harapannya kedepan bisa lebih giat belajar lagi untuk menambah pengetahuan tentang ilmu agama.

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Harapan bisa menambah pengetahuan tentang ilmu agama, banyaknya itu mereka membaca buku-buku cerita kisab nabi,” ungkapnya.    

Menurutnya, Mobil Iqra ini siap menerima panggilan ke masyarakat yang membutuhkan  bacaan. Tidak hanya di wilayah Sukoharjo saja tapi juga sampai ke Magelang dan Semarang. Biasanya itu di daerah-daerah pelosok. “Dengan mobil iqra ini diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat. Selain itu meningkatkan pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” sambungnya.

Baca : Berbagai Takjil Sekaligus Jalin Ukhuwah

Baca : Sidak di Pasar Palur , 38 Jenis Makanan-Minuman Ditemukan Kedaluwarsa

Super hero

Sementara itu Penyuluh P4GN Sukoharjo, Agus Widanarko mengatakan jika ini bertujuan memberi ilmu agama dan menceritakan kisah kisah nabi kepada anak-anak.

“Ini sarana yang positif bagi anak-anak sambil menunggu buka puasa. Cukup komplit juga koleksi buku yang ada di mobil iqra ini,” imbuh dia.   

Dijelaskan, kegiatan ini kolaborasi antara BNK dengan CT Arsa School. Agar lebih lebih menarik, dalam penyampaiannya menampilkan dua tokoh superhero dalam negeri dan luar negari, yakni Gatotkaca dan Superman. Sebenarnya ini sudah dilakukan  setiap minggunya oleh P4GN dengan mobil dongeng superhero, namun koleksinya belum komplit dan kebanyakan berisi dongeng nusantara.

“Kalau sekarang ini momentnya bulan ramadhan. Jadi setelah selesai kegiatan dilanjutkan buka bersama. Rencana ini akan kita rutinkan untuk anak-anak,” katanya.

Terpisah salah satu anak, Bintang mengaku senang dengan kegiatan ini. Karena bisa belajar membaca Iqro. Apalagi  yang mengajari Gatutkaca dan ustad dari CT Arsa Schooll. “Senang banget. Bisa tambah wawasan tentang ilmu agama, kalau bisa sering dilakukan,” pungkas siswi kelas 4 ini. (Ari Welianto)

 

Tinggalkan Pesan