Usai Periksa Penjaga Palang, Polisi Bakal Periksa Masinis

0
sedan-vs-ka-perlintasan purwosari1
SOLO,suaramerdekasolo.com –  Satlantas Polresta Surakarta berencana melakukan pemeriksaan terhadap masinis kereta Jayakarta yang terlibat kecelakaan di perlintasan Purwosari, Senin (20/5) malam. Pemeriksaan ini sebagai tindak lanjut setelah sebelumnya Satlantas sudah melakukan pemeriksaan terhadap petugas penjaga palang pintu Purwosari. 
 
Kanit Laka Lantas Polresta Surakarta, Iptu Bambang Subekti menyampaikan, pihaknya sudah melayangkan surat pemanggilan terhadap masinis kereta. Dalam waktu dekat pemeriksaan akan dilakukan. “Surat pemanggilan sudah kami layangkan kepada masinis. Kami akan meminta keterangan dari masinis yang mengetahui langsung kejadian,” terangnya, Rabu (22/5).
 
 
Bekti menambahkan, status masinis yang akan dimintai keterangan masih berstatus sebagai saksi. Sama halnya dengan seorang penjaga palang pintu kereta yang sudah lebih dahulu diperiksa. “Statusnya masih sebagai saksi. Kemarin kami juga sudah meminta keterangan dari penjaga palang dan juga korban yang terlibat kecelakaan,” katanya. 
 
 
Menurut Bekti, keterangan dari masinis sangat diperlukan. Mengingat, masinis adalah salah satu yang mengetahui secara pasti mengenai kronologi kejadian kecelakaan yang melibatkan lima kendaraan bermotor dengan kereta api tersebut. Sehingga, keterangan masinis nantinya bisa mengungkap mengenai bagaimana kecelakaan yang menyebabkan enam orang terluka itu terjadi. 
 
“Termasuk kami juga akan melakukan pemeriksaan terhadap alat genta yang dipasang di pintu perlintasan,” katanya. Pemeriksaan untuk memastikan bahwa peralatan tersebut bekerja dengan normal dan tidak terjadi kerusakan atau kendala teknis.  (Ari Purnomo)
 

Tinggalkan Pesan