Bupati Sragen Silaturahmi ke Mantan-mantan Bupati

0
BUPATI SEPUHI : Bupati sepuh Untung Wiyono didampingi istri Hj Suparmi (tengah), foto bersama diapit Bupati Yuni dan Wabup Dedy dengan latar belakang para pejabat Pemkab Sragen, di kediaman Dayu, Desa Saradan, Karangmalang, Senin (27/5). (Suaramerdekasolo.comM/Anindito)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Hari Senin (27/5) 2019 menjadi hari yang membahagiakan bagi masyarakat Sragen. Karena kemarin merupakan Hari Jadi Kabupaten Sragen Ke-273. Untuk menghargai jasa bupati pendahulunya, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wabup Dedy Endriyatno, serta Sekda Tatag Prabawanto dan rombongan pejabat silaturahmi ke bupati terdahulu.
Kegiatan silaturahmi itu mendapat pujian, karena baru kali ini dilakukan oleh bupati yang masih aktif kepada mantan bupati atau bupati sepuh. Kunjungan pertama ke kediaman Soedjadi, mantan Plt Bupati Sragen yang kini tinggal di Kartasura, Sukoharjo. Saat silaturahmi rombongan laki-laki mengenakan baju surjan lurik dengan sarung yang diikat dipinggang. Sedangkan wanita berbaju lurik dengan bawahan jarit.  Bupati terdahulu yang pernah memimpin Sragen itu, ternyata mengapresiasi ide silaturahmi yang dilakukan Yuni, panggilan akrab Bupati Sragen itu.  Soedjadi yang pernah menjabat Pembantu Gubernur Jateng untuk Wilayah Surakarta itu mengingatkan agar jajaran pejabat Pemkab Sragen merubah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk memanfaatkan keberadaan tol dan jalur rel ganda (double track) untuk kesejahteraan masyarakat.

Usai diterima di sini dengan hangat, rombongan selanjutnya menuju kediaman Bupati Sepuh HR Bawono di Jl.Sawahan, Sumber, Solo. Kunjungan tersebut dilakukan sekaligus untuk membezuk karena Bawono, sakit. Setiba di sana rombongan terlihat ngobrol santai bersama Hartini, istri Bawono. Selanjutnya rombongan menuju Sragen menuju kediaman Bupati Sepuh H Untung Wiyono, di Dayu Desa Saradan, Karangmalang, Sragen.  Di tempat ini, Bupati Sepuh memberikan apresiasinya atas ide tersebut.

“Saat menjabat Bupati Sragen, saya terlambat mengadakan silaturahmi kepada bupati terdahulu,’’ tutur Bupati Sepuh Untung Wiyono saat menyambut rombongan Yuni.  

Untung Wiyono berpesan agar Bupati Yuni yang juga puterinya itu tidak meninggalkan silaturahmi dengan bupati terdahulu. Karena manusia diwajibkan menjaga silaturahmi dengan sesamanya.
Dari tempat ini, rombongan bergerak ke kediaman Bupati Sepuh Agus Fatchur Rahman di Jl.Aipda KS Tubun, Kampung Kuwungsari, Sragen.

Suasana di kediaman Agus FR terlihat cair, sesekali ditingkahi gelak tawa dan canda. Sebab Yuni yang memanggil Agus FR dengan sebutan Om itu terlihat akrab. Yuni berjanji akan meneruskan kegiatan silaturahmi semacam itu. ‘’Para bupati yang sudah tiada saja makamnya dikunjungi, mosok ini para bupati sepuh yang masih sugeng (hidup), tidak kita kunjungi,’’ tuturnya. Yuni bersama Wabup Dedy sepakat bersilaturahmi tiap memperingati HUT Kabupaten Sragen pada 27 Mei.(Anindito)

Tinggalkan Pesan