Harga Pangan di Boyolali Terpantau Stabil

0
15
harga-pangan-boyolali
CEK HARGA: Tim mengecek harga daging ayam langsung di Pasar Kota Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com –Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan operasi pasar, Senin (27/5). Tujuannya, untuk  menjaga stabilitas harga pangan menjelang Lebaran 2019.

Hal tersebut menjadi salah satu kegiatan TPID Kabupaten Boyolali untuk mengetahui harga, persediaan maupun dari sisi keamanan pangan. Karena pada dasarnya saat menjelang Lebaran ada dinamika kebutuhan pangan yang berbeda dari biasanya.

Sekda Kabupaten Boyolali, Masruri yang ikut melalukan monitoring di Pasar Boyolali dan Sunggingan menjelaskan, pantauan harga terus dilakukan menjelang Lebaran. Namun demikian, dipastikan   stok kebutuhan pangan di Boyolali masih terbilang stabil.

“Sampai saat ini belum ada kenaikan harga mencolok. Karena stok di Boyolali masih cukup, khususnya bawang putih, suplai di Boyolali cukup,” katanya disela monitoring.  

Baca : Ramadan, Saatnya Memupuk Kepedulian

Baca : Antisipasi Lonjakan Harga, Pemkab Sukoharjo Gelar Pasar Murah

Dijelaskan, beberapa komoditi menjadi titik fokus dari operasi pasar ini karena memang komoditi tersebut merupakan bahan pangan yang lazim dicari masyarakat menjelang Lebaran. Antara lain, cabai, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam.

Juga dipantau harga minyak goreng, telur, gula pasir, dan beras. Selain itu, tim juga mengecek bahan pangan yang ada di toko untuk mengetahui tanggal kadaluwarsa. Dari hasil monitoring, tidak ditemukan bahan pangan yang rusak.

“Tidak ada daging glonggongan, untuk daging ayam juga bagus bagus, kering tidak ada masalah. Masuk di beberapa toko, masa kadaluwarsa barang barang yang mudah rusak tidak kami temukan.”

Baca : Jelang Lebaran, Stok Gula dan Beras Aman

Kestabilan harga ini dapat dilihat dari harga yang tidak terlalu jauh dari harga normal. Seperti daging sapi yang masih sekitar Rp 100.000 per kilogram, kemudian daging ayam pedaging diharga Rp 32.000 per kilogram, dan bawang putih dikisaran Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per kilogram.

“Berjualan dengan biasa saja. Kalau memang harga kulakan naik ya naik, kalau turun ya turun, mengikuti kulakan,” himbaunya.

Halaman: 1 | 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here