Soal Gugatan Hasil Pemilu 2019, Bawaslu Siap Berikan Keterangan di MK

0
13
bawaslu-kota-surakarta
KETERANGAN PERS : Komisioner Bawaslu Kota Surakarta memberikan keterangan kepada wartawan tentang pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Solo dan Jateng. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta menyiapkan diri sebagai pihak pemberi keterangan dalam agenda gugatan hasil Pemilu 2019 yang diajukan dua peserta pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Bawaslu juga menyiapkan diri dalam hal serupa atas gugatan salah satu caleg dalam sengketa pileg Kota Surakarta 2019.
Komisioner Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kota Surakarta, Agus Sulistyo menjelaskan gugatan peserta pemilu ke MK dilayangkan oleh Partai PAN ke seluruh dapil di Jateng, termasuk Kota Solo. Partai Berkarya juga menyampaikan gugatan serupa terkait hasil akhir penghitungan suara.

“Khusus gugatan dari caleg disampaikan salah satu caleg PDIP ke MK terkait hasil perolehan suara pemilu,” terang Agus dalam acara jumpa pers di kantor Bawaslu yang juga dihadiri Ketua Bawaslu Surakarta Budi Wahyono dan dua komisioner lainnya, Komisioner Divisi Sengketa, Arif Nuryanto, dan Komisioner Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu kota Solo, Poppy Kusuma baru-baru ini.

Baca : NU Kota Solo Tolak People Power dan Inkonstitusional

Baca : Pemilu Solo Berlangsung Aman dan Kondusif

Guna menyambut sidang di MK itu, Bawaslu sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, di antaranya hasil pemilu di Kota Solo yang tersebar di 1.734 TPS, serta dokumen-dokumen lainnya.
“Kami sudah siapkan semuanya. Kami juga siap menghadapi sidang di MK dalam hal pemberi keterangan.”Baca : Kodim 0735 – Polresta Surakarta Gencarkan Patroli Malam

Sementara itu Ketua Bawaslu Budi Wahyono mengungkapkan, selama pelaksanaan Pemilu 2019 terdapat 12.018 pelanggaran alat peraga kampanye, permasalahan logistik pemilu, dan analisa beban kerja KPS atau penyelenggara.
“Kami mengusulkan ada perubahan dalam sistem penyelenggaraan pemilu. Kami juga merekomendasikan proses input hasil pemilu agar disederhanakan,” terang Budi. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here