Biar Puasa Semangat, Santri TPA Al Fatah Ikuti Berbagai Lomba

4
tpa-alfatah-sekip
TERIMA HADIAH : Anak-anak Kampung Sekip RT 02 RW 02, Kelurahan/Kecamatan Banjarsari, Solo menerima hadiah usai mengikuti sejumlah lomba yang digelar takmir Masjid Al Fatah, Minggu (2/6). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com– Takmir Masjid Al Fatah Kampung Sekip RT 02 RW 02 Kelurahan/Kecamatan Banjarsari Solo selama dua hari Kamis-Jumat (30-31/5) jelang berbuka puasa merangkul anak-anak untuk mengikuti berbagai lomba. Para santri yang terwadahi dalam TPA Al Fatah ini diuji kemampuanya dalam berbagai hal seperti bacaan Alquran, hafalan-hafalan surat-surat pendek, dan berbagai pengetahuan agama.
Perwakilan takmir masjid Kusnendar W kepada Suara Merdeka, Minggu (2/6) mengungkapkan perlombaan semcam ini memang masuk dalam agenda setiap akhir ramadan. Pengumuman lomba baru diinformasikan kepada para santri mendekati masa akhir puasa atau pada Minggu (2/6).
“Kita selalu mengadakan lomba semcam ini biar anak-anak tambah bersemangat puasanya,” kata Kusnendar yang akrab dipanggil Seno ini. Sejumlah lomba yang digelar dibagi ke dalam tiga kategori sesuai usia. Kategori paud dan TK lombanya hafalan surat-surat pendek, dan doa harian. 

Baca : Tempat Menakutkan bagi Copet, Ikon Selfie bagi Penumpang

Baca : Betara Kala Sirna, Bangsa Damai

Untuk kelas 1 SD sampai 3 SD lombanya hafalan surat-surat pendek, dan lomba praktik wudu. Adapun kategori kelas 4 sampai kelas 6 SD lombanya hafalan surat-surat pendek, lomba gerakan dan bacaan shalat. “Ada sekitar 35 santri yang ikut lomba sesuai dengan kategori-kategori. Alhamdulillah seluruh kegiatan didanai bersama dari H Toni Kurniawan dan kas Masjid Al Fatah,” imbuhnya.
Seno mengungkapan, para santri yang dinilai memiliki kemampuan menonjol terhadap kriteria yang dilombakan akan mendapatkan hadiah spesial. Tentu saja, penghargaan yang disiapkan panitia ini membuat para santri terlecut untuk menyempurnakan hafalan, dan rukun shalat, serta bacaannya.
“Tapi bagi yang belum beruntung dalam lomba ini tetap dapat hadiah. Ya biar para santri ikut merasakannya,” katanya.

Baca : Puasa Tak Mengurangi Semangat KAMMI Mengabdi di Masyarakat

Sebagai penutup dari serangkaian kegiatan sambut ramadan, pada malam sebelum shalat ied, para santri diajak takbiran bersama.
“Rencananya takbiran nanti keliling kampung bersama-sama dari masjid, kembali lagi ke masjid ini,” tutup Seno. (Budi Santoso)

4 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan