Untuk Kali Ketiga, GPH Mangkubumi Memerankan Joko Tingkir

2
255
GPH-Mangkubumi-Joko-Tingkir1
CALON KUAT PUTRA MAHKOTA : Keraton Surakarta GPH Mangkubumi tampak sedang bercanda dengan dua abdi dalem staf kantor Pengangeng Sasana Wilapa, seusai pembagian gaji pegawai atau abdidalem garap, beberapa waktu lalu. (Suaramerdekasolo.com/Won Poerwono)

 

SOLO, Suaramerdekasolo.com– Untuk kali ketiga, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang menggelar Pekan Syawalan dengan atraksi kirab Joko Tingkir yang mengisahkan keberangkatannya ke Keraton Pajang di sekitar abad 15, diperankan calon putra mahkota Keraton Surakarta, GPH Mangkubumi. Pemilihan bintang pemeran tokoh sentral dalam peragaan kirab gethek di Bengawan Solo yang menjadi pusat kegiatan Pekan Syawalan TSTJ itu, memang hak prerogatif panitia event setempat, tetapi tampilnya putera tertua Sinuhun Paku Buwono XIII ini seakan menjadi kesempatan untuk lebih memperkenalkan dan sosialisasi sosok yang diklaim sebagai calon pewaris tahta di Keraton Mataram ing Surakarta berikutnya.
”Saya enggak tahu bagaimana prosesnya, tetapi tiba-tiba ada surat dari panitia Pekan Syawalan yang mengajukan permohonan ke sini. Intinya minta Gusti Mangku (GPH Mangkubumi-Red) sebagai pemeran Joko Tingkir. Beliau (Gusti Mangku-Red), sudah menyatakan bersedia. Juga minta beberapa bregada prajurit yang akan menjadi pengisi prosesi kirab, dari depan kantor Kelurahan Pucangsawit (Jebres) ke tempat upacara di dalam TSTJ,” jelas Luky Arwanto, salah seorang staf Kantor Pengageng Sasana Wilapa menjawab pertanyaan Suaramerdekasolo.com, tadi siang.

Baca : THR Sriwedari Benar-benar Tamat Riwayatnya

Baca : Pihak Luar Jangan Ikut Campur, Tetapi Hormati Norma Adat

Sementara itu, GKR Wandansari Koes Moertijah selaku Pengageng Sasana Wilapa (versi 2004) sekaligus Lembaga Dewan Adat (LDA) ketika dimintai konfirmasi Suaramerdekasolo.com di tempat terpisah membenarkan pernyataan salah seorang stafnya. Dia juga mengaku, seingatnya sudah tiga kali sosok yang digadang-gadang pas sebagai calon putra mahkota itu terpilih lagi menjadi pemeran Joko Tingkir di event puncak Pekan Syawalan yang digelar TSTJ.

Selain tokoh pemeran Mas Karebet atau Joko Tingkir, panitia Pekan Syawalan juga memohon pinjam beberapa bregada prajurit keraton untuk memeriahkan arak-arakan kirab membawa ”Kupat Sewu” dan ”Apem Sewu”, dari kantor Kelurahan Pucangsawit menuju tempat upacara, bibir Bengawan Solo yang ada di dalam TSTJ.

Atas permohonan itu, Ketua Lembaga Dewan Adat yang akrab disapa Gusti Moeng itu menyatakan telah mengabulkan semua permohonan tersebut, termasuk bregada prajurit korp musik yang khas dari keraton. Sedang GPH Mangkubumi yang ditunjuk panitia Pekan Syawalan untuk memerankan Joko Tingkir, juga sudah menyatakan siap menjalankan tugas memerankan tokoh terkenal dalam kisah Keraton Pajang, tempat para leluhur Dinasti Mataram atau Keraton Mataram Surakarta berasal.

Halaman: 1 | 2

2 KOMENTAR

  1. INFO PENTING BUAT PARA PEMBACA…DAN WARTAWAN…PERLU SAYA LURUSKAN BERITA INI…GPH MANGKUBUMI BUKAN PUTRA MAHKOTA KARATON KASUNANAN SURAKARTA HADININGRAT. HARAP WARTAWAN MELURUSKAN BERITA INI KARENA BERITA INI MENYESATKAN DAN HOAX…

  2. PARA PEMBACA YANG BUDIMAN DAN PARA WARTAWAN…BERITA INI PERLU SAYA LURUSKAN KARENA GPH MANGKUBUMI BUKA PUTRA MAHKOTA KARATON KASUNANAN SURAKARTA HADININGRAT DAN TIDAK PERNAH DISERAHI TUGAS OLEH INGKANG SINUHUN PB XIII…HARAP BERITA INI SEGERA DIRALAT KARENA BISA MENYESATKAN DAN HOAX…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here