Mudik Lebaran, Jokowi dan Keluarga Bernostalgia Suasana Solo

0
6
jokowi-mudik-solo1
FOTO : Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden. (suaramerdekasolo.com/dok)

*Beli Soto, Dawet dan Lihat-lihat Burung

SOLO,suaramerdekasolo.com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo memanfaatkan kepulanganya ke kampung halaman untuk berkunjung ke tempat-tempat legendaris di Kota Solo. Pada Minggu, (9/6) pagi, Presiden dan keluarga menyantap soto di kedai Soto Triwindu di kawasan Keprabon, Banjarsari, Solo.

Iriana Joko Widodo, kedua putra Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, menantu Selvi Ananda, serta cucu pertama Jan Ethes Srinarendra telah tiba terlebih dahulu di kedai soto.

Presiden langsung bergabung dengan keluarga, duduk sederetan dengan Ibu Iriana dan Kaesang. Sementara Jan Ethes duduk di depannya, diapit kedua orang tuanya.
Kedai yang berdiri sejak 1939 menyaikan aneka macam lauk pauk antara lain empal, tahu, tempe, perkedel, bakwan, dan lentho.

Selesai menyantap soto, Presiden menyempatkan berfoto bersama dengan pemilik kedai dan pengunjung lainnya.

Baca : Presiden Jokowi Momong Jan Ethes Naik Andong Keliling Malioboro

Baca : Jokowi Sapa Warga Jogja

Kunjungan berikutnya kepala negara adalah Pasar Gede Solo. Presiden ke-7 RI ini tiba di pasar induk terbesar di Solo di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Surodiprajan, Solo, pukul 09.57 WIB.
Kedatangan Kepala Negara itu menambah riuh kondisi pasar yang sedang ramai oleh pengunjung. Tak sedikit pembeli dan penjual yang menghampiri Presiden untuk bersalaman dan berswafoto.

Baca :  "Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi" Akrab, Naik Becak di Solo

Presiden kemudian berjalan masuk dan langsung menuju blok pasar yang menjual jamu, sayur, dan makanan tradisional. Sementara Ibu Iriana singgah di kios yang menjual alat dapur untuk membeli beberapa perkakas tradisional, seperti ulekan dan centong nasi.

Pasar burung

Di kios buah, Presiden membeli salak sebanyak empat kilogram, jeruk sebanyak dua kilogram, blewah, hingga kesemek. Sementara kedua putra Presiden kompak membeli pisang.

jokowi-mudik-solo2
FOTO : Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden. (suaramerdekasolo.com/dok)

Presiden dan keluarga kemudian mengunjungi kios yang menjual es dawet. Penjual pun langsung memberikan semangkuk es dawet untuk dicoba oleh keluarga Presiden. Ibu Iriana yang mencicipinya, langsung memutuskan untuk membeli es dawet beberapa kantong.

Baca : Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo Dinanti

Tak sampai di situ, Presiden dan keluarga lalu mengunjungi kios yang menjual makanan tradisional. Di kios ini Presiden membeli beberapa penganan ringan, seperti cabuk dan rambak.

Sebelumn ke warung soto dan Pasar Gede, mantan Wali Kora Surakarta ini menyempatkan diri ke Pasar Burung Depok.  ”Entah tiba-tiba Pak Jokowi datang. Saya kaget dan ini malah dikasih bingkisan Lebaran, sarung,” kata Lasiyo.
Selama libur Lebaran ini Jokowi dan keluarga sempat menetap beberapa hari di Yogyakarta. Di Kota Gudeng presiden juga pergi ke pasar tradisional termasuk bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here