Barikade Jalur Utama Yogya-Solo Mulai Ditarik

0
31
arus-mudik-klaten2
JALUR UTAMA: Jalur utama Jl Yogya-Solo mulai sepi dan lalu-lintas kembali normal, Senin (10/6) usai lebaran. (suaramerdekasolo.com/Achmad Hussain)

* Truk Pasir Masih Dilarang

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Barikade di celah median jalan dan simpang yang digunakan untuk mengantisipasi kemacetan jalan mulai ditarik. Penarikan dilakukan menyusul lalu-lintas di jalan utama Jl Yogya-Solo yang mulai normal.
” Barikade mulai dihilangkan dan traffic light mulai dinormalkan,” ungkap Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Sudiyarsono, Senin (10/6).

Dikatakannya penarikan itu menyusul mulai berangsur normalnya kepadatan kendaraan di jalan nasional Jl Yogya-Solo yang merupakan jalur utama arus mudik Jawa bagian selatan.

Barikade itu semula dipasang untuk mengantisipasi kemacetan saat lebaran karena ada kendaraan dari jalan minor yang melintas. Meskipun barikade sudah dihilangkan tetapi personel Dinas di enam pos pengamanan mudik masih berjaga sampai H+7.

Baca : Pengamatan Lalin Klaten, Kepadatan Kendaraan Mulai Berkurang

Baca : Opera Ramayana Hibur Para Pemudik

Secara umum dari analisa sementara, selama arus mudik dan balik di jalan nasional tersebut tidak ada kendala berarti. Tidak ada kemacetan tetapi yang terjadi hanya kepadatan kendaraan. Meskipun padat di titik-titik simpang jalan tetapi hal itu terjadi karena menunggu waktu jeda lampu traffic light.

Kondisi arus lalu-lintas bahkan lebih lancar daripada tahun-tahun sebelumnya. Rekayasa arus, baik dengan pemasangan barikade, rekayasa traffic light atau pengalihan arus justru baru dilakukan pascalebaran. Dinas akan mengevaluasi selama pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik 2019. Khusus untuk angkutan tambang, terutama pasir, masih diminta mentaati aturan larangan beroperasi dari H-7 tanggal 29 Mei sampai H+7 tanggal 13 Juni pukul 00.00 WIB.

Baca : Pemudik Diminta Waspada Lewat Jl Solo – Sragen

Kabag Ops Polres Klaten AKP Didik Sulaiman mewakili Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi mengatakan hal senada. Secara umum kondisi arus lalu-lintas di jalan utama Kabupaten Klaten tidak terjadi kemacetan. ” Memang terjadi peningkatan arus tetapi itu wajar tetapi tidak ada kemacetan signifikan,” katanya. Meskipun arus sudah kembali normal, personel di lima pos pengamanan belum jelas kapan akan ditarik. Polres masih menunggu keputusan dari satuan atas baik Mabes Polri atau Polda Jateng. (Achmad Hussain)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here