Empat Rumah Terbakar, Satu Ludes

0
11
KEBAKARAN : Petugas PMK memadamkan api yang membakar empat rumah di RT 2/3 Kelurahan Sukoharjo, Senin (10/6) malam. (Suaramerdekasolo.com/Heru susilo)

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Kebakaran hebat terjadi di wilayah RT 2/3 Kelurahan Sukoharjo, Senin (10/6) malam. Empat rumah terbakar, satu di antaranya bahkan ludes dilalap si jago merah.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan jutaan rupiah. Hingga kini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan aparat kepolisian setempat.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 wib. Api muncul dari rumah milik Agung yang saat kejadian kosong karena penghuninya sedang keluar. 
Api yang membakar rumah itu dengan cepat merembet ke rumah lainnya yang letaknya berhimpitan. Akibatnya api dengan cepat membesar dan membakar tiga rumah lainnya. Bahkan satu rumah yang merupakan pangkalan gas elpiji, juga ikut terbakar. Beruntung api merembet dari arah belakang sehingga belum sempat ke depan dimana gas-gas elpiji disimpan.
Gas kemudian disingkirkan oleh warga yang sudah berkumpul di sekitar lokasi kejadian. Sriyono, salah satu tetangga korban menuturkan, saat itu dia melihat api dari rumah Agung sekitar pukul 19.00 wib.
Begitu melihat api dia langsung berteriak memanggil warga untuk memadamkan api. Warga yang datang ke lokasi berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Karena api terus membesar warga kemudian
menghubungi petugas PMK.
“Warga langsung mengamankan puluhan tabung elpiji dari lokasi bangunan pangkalan elpiji milik Sugihartanto ke trotoar Jalan Jenderal Sudirman. Sebab kalau tidak diamankan dikhawatirkan kena api dan meletus,” ujarnya.
Akibat kebakaran hebat tersebut, petugas dari Polres Sukoharjo langsung menutup akses utama di Jalan Jenderal Sudirman. Hal itu dilakukan karena digunakan untuk aktivitas mobil PMK yang datang dari Sukoharjo, Solo dan Karanganyar.
Tercatat ada lima unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Sukoharjo, satu unit mobil pemadam kebakaran Solo dan satu unit mobil pemadam Kabupaten Karanganyar dikerahkan untuk memadamkan api.
Setelah berjibaku dengan api, akhirnya petugas PMK berhasil memadamkan api utama yang berasal dari rumah Agung.
Kapolsek Sukoharjo AKP Parwanto mengatakan belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang melanda empat bangunan tersebut. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban baik luka ringan maupun berat.
“Dari empat bangunan, hanya satu bangunan rumah yang kondisinya cukup parah. Tiga bangunan lain hanya sebagian yang terbakar dan bersyukur kebakaran tidak merembet sampai bagian depan bangunan pangkalan gas karena ada puluhan tabung di sana,” katanya.
Yang jelas, kata Kapolsek, petugas saat ini sedan menyelidiki penyebab kebakaran sekaligus mendata kerugiannya. (Heru susilo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here