64.495 Wisatawan Kunjungi Waduk Gajahmungkur

0
5
wisatawan-wonogiri
NAIK PERAHU : Pengunjung naik perahu wisata di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajahmungkur (OWSA-WGM) Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sejak lebaran hingga Senin (10/6), sebanyak 64.495 wisatawan mengunjungi Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajahmungkur (OWSA-WGM) Kabupaten Wonogiri. Namun, angka tersebut belum bisa melampaui jumlah pengunjung pada masa lebaran 2018 lalu yang mencapai 90.000 orang.
 
Kepala UPT Obyek Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri, Pardiyanto mengatakan, Gebyar Lebaran di OWSA-WGM diadakan selama sepuluh hari, tanggal 5-14 Juni. Pihaknya semula berharap jumlah pengunjung mencapai 100.000 orang. “Dari Rabu sampai Senin kemarin, jumlah pengunjungnya 64.495,” katanya, Selasa (11/6).
 
 
 
Menurutnya, jumlah pengunjung OWSA-WGM sulit untuk menyentuh angka 100.000 orang. Pasalnya, libur lebaran lebih banyak berada di bulan puasa. “Setelah lebaran hanya ada empat hari libur, dari Kamis sampai Minggu. Setelah itu sudah pada masuk kerja. Penurunan jumlah pengunjung ini juga terjadi obyek-obyek wisata di daerah lain. Termasuk kebun binatang Gembira Loka (Yogyakarta) dan Taman Satwa Taru Jurug (Surakarta),” terangnya.
 
Sementara itu, tradisi andum kupat (membagikan ketupat) dilaksanakan di obyek wisata tersebut Minggu (9/6). Pihaknya membagikan 2.500 ketupat yang siap untuk dimakan dan 700 ketupat berisi doorpize diperebutkan para pengunjung.
 
 
Di sisi lain, jumlah pengunjung pada beberapa obyek wisata lain yang dikelola Pemkab Wonogiri bervariasi. Salah satu contohnya obyek wisata Pantai Sembukan di Kecamatan Paranggupito, sejak lebaran lalu hingga Minggu (9/6) dikunjungi sebanyak 2.334 orang.
 
Sedangkan obyek wisata air terjun Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo dikunjungi sekitar 4.351 orang wisatawan. “Puncak keramaian pengunjung terjadi pada hari Sabtu,” imbuhnya. (Khalid Yogi)
Baca :  Sensasi di Tikungan Cinta Cluntang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here