Wow, Ternyata Hanya Satu Bidan yang Tidak Bisa Jadi PNS

MEMBERI SELAMAT : Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo memberi selamat kepada bidan yang menerima SK CPNS di pendapa kabupaten tersebut, Kamis (13/6). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 15 orang bidan di lingkungan Pemkab Wonogiri memperoleh Surat Keputusan (SK) untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Para bidan itu sebelumnya berstatus sebagai pegawai tidak tetap (PTT).

Penyerahan SK CPNS itu dipimpin langsung oleh Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo. Mereka diangkat menjadi CPNS setelah mengabdi sebagai PTT selama 15 tahun. “Saya berpesan, layani masyarakat sebaik-baiknya, dengan senyum, sapa, dan salam. Tugas CPNS baru ini salah satunya mengajak masyarakat agar mau memanfaatkan program kesehatan kami, yakni Jaminan Persalinan (Jampersal) secara gratis,” pinta Bupati.

Baca : Mantan Kasatreskrim Wonogiri Dibawa Ke Singapura

Baca : Sesarengan Mbangun Wonogiri Implementasi Nilai Perjuangan Raden Mas Said

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, seluruh bidan PTT yang memenuhi syarat di kabupaten tersebut telah diangkat menjadi CPNS. “Pengangkatan bidan PTT menjadi CPNS sudah dilaksanakan dalam beberapa gelombang. Sekarang sudah CPNS semua,” katanya.

Hanya satu bidan PTT yang tidak bisa diangkat menjadi CPNS karena terkendala faktor usia. Pasalnya, bidan tersebut sudah berusia sekitar 50 tahun. “Ada satu bidan di wilayah Kecamatan Baturetno yang tidak bisa (diangkat CPNS) karena faktor usia,” terangnya.

Baca :  Calon Pejabat Wonogiri Mulai Uji Kompetensi

Sebagai solusinya, bidan itu diarahkan untuk mengikuti kebijakan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Untuk menjadi PPPK tetap harus melalui proses pendaftaran terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menerangkan, pengangkatan bidan PTT menjadi CPNS itu merupakan hasil MoU antara Pemkab dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pengangkatan juga mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here