Jalur Pendakian ke Gunung Merbabu Kembali Dibuka

0
JALUR PENDAKIAN : Jalur pendakian Gunung Merbabu dari Selo, Boyolali. (Suaramerdekasolo.com/istimewa)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Jalur pendakian Gunung Merbabu mulai dibuka kembali pada Jumat (21/6). Sebelumnya, jalur tersebut ditutup selama sebulan, sejak 20 Mei lalu karena dilakukan perbaikan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti, melalui Kepala Tata Usaha (TU), Johan Setyawan, selama penutupan berbagai kegiatan konservasi gunung Merbabu telah dilakukan. “Jalur pendakian Merbabu siap dilalui pada Jum’at 21 Juni besok,” kata Johan.

Dijelaskan, perbaikan jalur pendakian meliputi perbaikan jalur pendakian via Selo. Bersama komunitas pecinta alam serta relawan, pohon dan ranting yang berada di jalur pendakian telah dirapikan. Begitu juga dengan selokan air serta sodetan di sekitar jalur pendakian. “Sehingga, saat hujan air tidak menggenang dijalur. Dan jalur tetap nyaman dilalui paara pendaki. Nomor penunjuk jarak di sepanjang jalur yang sudah terhapus juga dilakukan penomoran kembali.”

Untuk keselamatan pendaki, di jalur pendakian yang terjal dan licin juga dibuatkan trap atau tangga dan pemasangan webbing pada tanjakan ekstrem. Begitu juga dengan jalur yang menyempit dilakukan pelebaran dan pemasangan jembatan di jalur yang terpotong aliran air. Khusus untuk jalur pendakian Thekelan, pihaknya membuatkan jalur baru sejauh kurang lebih 1,9 kilometer dan pengukuran serta pemindahan patok jarak dari puncak. Trap atau tangga serta saluran air juga dibuatkan untuk kenyamanan pendaki.

Pihaknya juga membuat jalur baru di jalur pendakian Swanting. Jalur pendakian yang longsor telah dibuatkan jalur baru yang aman dilalui pendaki. Dijalur yang rawan, pihaknya memasang tali pengaman serta pembuatan trap atau tangga. Sedangkan untuk jalur pendakian Wekas hanya dilakukan pembersihan rumput dan ranting yang menutup sepanjang jalur menuju puncak. Termasuk menutup lubang-lubang jalan agar lebih nyaman dilewati para pendaki. “Yang jelas, semua perbaikan ini dengan memperhatikan kondisi jalur Merbabu agar pendaki aman dan nyaman selama kegiatan pendakian.”

Namun demikian, pihaknya tetap mengingatkan agar pendaki membawa perlengkapan yang memadai, termasuk persediaan makanan. Hal itu dilakukan justru demi keselamatan selama pendakian berlangsung. Tak kalah penting, kondisi tubuh harus sehat dan bugar. (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan