Jaga Populasi, Ribuan Ikan Ditebar di waduk Gajahmungkur

0
26
populasi-ikan-waduk-gajahmungkur
BENIH IKAN : Personel Perum Jasa Tirta, TNI, dan Polri memeriksa kantong berisi benih ikan sebelum ditebarkan ke perairan Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Kamis (27/6). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Perum Jasa Tirta I bersama Kodim 0728/Wonogiri dan Polres Wonogiri melakukan penebaran ribuan benih ikan di perairan Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Kamis (27/6). Hal itu dilakukan untuk menjaga populasi ikan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo.

Kegiatan penebaran ikan dihadiri oleh kepala Divisi III Perum Jasa Tirta (PJT) I Viari Djajasinga, Kabagpos Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas, dan Pasi Intel Kodim 0728/Wonogiri Kapten Inf Mulyono.

Viari Djajasinga mengatakan, penebaran benih ikan merupakan salah satu upaya agar pengelolaan sumber daya perairan Waduk Gajahmungkur berjalan optimal. Di samping itu perlu sinergitas dari berbagai pihak agar program pengelolaan sumberdaya perairan waduk berjalan dengan baik.

Menurutnya, penebaran benih ikan akan mampu menjaga kelestarian dan populasi ikan. Harapannya dapat menggerakkan perekonomian nelayan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar waduk.

Perum Jasa Tirta I memprogramkan penebaran 100.000 ekor benih ikan di wilayah kerjanya selama tahun 2019 ini. Ikan yang ditebar terdiri atas berbagai jenis dengan ukuran sekitar 4-5 sentimeter.

Sementara itu, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Kabagops Kompol Agus Pamungkas mengatakan, aksi penebaran benih ikan telah lama dilaksanakan dengan baik atas kerja sama antara Perum Jasa Tirta, Polres dan Kodim 0728/Wonogiri. Mereka juga memberdayakan dan menjaga kelestarian hayati di lahan <I>green belt<P> (sabuk hijau) Waduk Gajahmungkur.

Pemberdayaan lahan sabuk hijau itu untuk mengakomodasi berbagai kepentingan masyarakat guna menumbuhkan rasa memiliki Waduk Gajahmungkur. “Kalau ada rasa memiliki, akan tumbuh keinginan untuk ikut menjaga kelestarian Waduk Gajahmungkur,” katanya. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here