48 Tim U-11 & U-13 Ikuti Piala Bupati Wonogiri

piala-bupati-wonogiri
BERBEBUT BOLA : Para atlet berebut bola dalam sebuah pertandingan di ajang Piala Bupati Wonogiri U-11 & U-13 di lapangan Lambau, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jumat (28/6). (suaramerdekasolo.com/Khalid yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 48 tim sepak bola U-11 dan U-13 mengikuti turnamen Piala Bupati Wonogiri di lapangan Lambau, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jumat-Minggu (28-30/6). Mereka datang dari berbagai daerah Provinsi Jateng, Jatim, dan DIY.
 
Pemrakarsa turnamen Piala Bupati Wonogiri U-11 & U-13, Warsito mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi ke-5 Sekolah Sepak Bola (SSB) Kusuma Mulia. “Turnamen itu kami adakan rutin setiap tahun di lapangan Lambau, Sidoharjo, lapangan yang biasa kami gunakan untuk berlatih,” kata Warsito yang juga manajer SSB Kusuma Mulia tersebut.
 
Dia menerangkan, turnamen dibagi menjadi dua kategori, yakni U-11 dan U-13. Kategori U-11 diikuti peserta yang lahir setelah tahun 2008, sedangkan U-13 diikuti peserta yang lahir setelah tahun 2006. 
 
Beberapa tim ada yang datang dari wilayah eks-Karesidenan Surakarta, Kabupaten Sleman (DIY), Kabupaten Kediri (Jatim) dan Kota Semarang. “Para atlet dan orang tua/walinya menginap di rumah-rumah warga sekitar lapangan. Ada juga yang menginap di kantor Dinas Pertanian,” ujarnya.
 
Turnamen tersebut digelar untuk memunculkan bibit-bibit atlet sepak bola sejak dini. Pasalnya, atlet-atlet berprestasi pada umumnya telah dilatih dan ditempa sejak usia dini. Pada turnamen yang sama tahun 2018 lalu, SSB Kusuma Mulia berhasil meraih predikat juara.
 
Dalam turnamen yang diadakan untuk atlet junior itu, satu tim beranggotakan maksimal 12 orang. Setiap kali bertanding, satu tim hanya menurunkan tujuh pemain. “Kalau bola yang digunakan untuk dewasa kan ukuran 5. Tapi untuk anak-anak pakai ukuran 4,” terangnya.
 
Selain itu, lebar lapangan juga disesuaikan dengan standar atlet junior, yakni 40×60 meter. Adapun durasi bertandingnya hanya 2×10 menit.
 
Di sisi lain, SSB Kusuma Mulia Wonogiri kini mempunyai sekitar 80 anak didik dari berbagai kategori umur. Beberapa jebolan SSB tersebut melanjutkan pendidikannya di Akademi Football Club Pasoepati Solo, Diklat Sepak Bola Merden Banjarnegara, dan Kelas Khusus Olah Raga (KKO) Surakarta. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here