Semua Pihak Harus Hormati Keputusan MK

hormati-keputusan-MK
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR, suaramerdekasolo.com. Politisi senior Partai Golkar Akbar Tanjung meminta agar semua pihak menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019. 

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar ini juga berharap, pascakeluarnya putusan MK, segera ada rekonsiliasi antarcalon presiden, agar terjalin hubungan baru yang saling menghormati posisi masing-masing. 

“Kita semua harus menghormati dan mengapresiasi putusan MK. Sebab MK ini lembaga yang memiliki kompetensi tinggi, dalam merespons berbagai dinamika yang ada,” katanya di Karanganyar, Jumat (28/6). 

Menurutnya, MK tidak main-main dalam menanggapi permohonan gugatan yang diajukan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 
“MK sungguh-sungguh dalam menangani gugatan tersebut. Memberi kesempatan pada pihak penggugat untuk menyampaikan apa yang menjadi alasan dan meminta disertakan bukti-bukti yang valid,” katanya. 

Namun dalam perjalanannya, hakim MK tidak mendapatkan bukti-bukti yang dibutuhkan, sehingga akhirnya sampai pada keputusan akhir, yakni menolak permohonan gugatan dari pemohon untuk seluruhnya. 

Putusan tersebut secara tidak langsung menetapkan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024,  berdasarkan keputusan hasil rekapitulasi nasional yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Akbar mengatakan, putusan MK sudah inkrah. Karenanya, semua pihak harus menghormati putusan tersebut. 
“Ketika kemarin ada perselisihan, harapan semua pihak, agar segera ada rekonsiliasi. Pak Jokowi membuka diri untuk berkomunikasi, Pak Prabowo pun melakukan langkah-langkah yang menunjukkan bahwa antartokoh tersebut terjalin hubungan yang memperlihatkan saling menghormati posisi masing-masing,” tandasnya. 

Menurutnya, hal itu menjadi harapan seluruh masyarakat Indonesia. “Apalagi secara eksplisit, Pak Jokowi menyampaikan akan menjadi Presiden bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa membeda-bedakan apakah dulu pilih 01 atau 02,” imbuhnya. (Irfan Salafudin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here