Dianggarkan Rp 47 Miliar, ASN Klaten Segera Terima Gaji Ke-13

0
65
APEL : Aparatur Sipil Negara (ASN) di Klaten mengikuti apel pagi yang digelar Pemkab Klaten. (Suaramerdekasolo.com/Ahmad Husein)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Ribuan Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Klaten dipastikan tersenyum karena akan segera menikmati gaji ke 13 tahun ini. Sebab Pemkab Klaten menyiapkan anggaran sekitar Rp 47 miliar dari APBD 2019 untuk pembayaran gaji ke-13. Anggaran sebesar itu untuk membayar 9.600 orang lebih aparatur sipil negara dan anggota DPRD.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pemkab Klaten, M Himawan Purnomo menjelaskan, dari sisi ketersediaan anggaran sudah tidak masalah sebab sudah dialokasikan sekitar Rp 47 miliar. Besaran gaji ke-13 hampir sama dengan tahun lalu dan rencananya akan dibayarkan bulan Juli.

“Gaji ke-13 merupakan gaji rutin tahunan bagi seluruh ASN sehingga setiap tahun anggaran sudah dialokasikan. Gaji itu dicairkan bersamaan dengan tahun ajaran baru sebab tujuan awalnya untuk membantu ASN mendaftarkan sekolah anak-anaknya,” jelasnya.

Komposisi besarannya sama dengan gaji bulan Juni. Antara lain gaji pokok, tunjangan jabatan dan tunjangan keluarga. Besaran yang diterima berbeda-beda sesuai dengan pangkat dan golongan ASN yang bersangkutan. Dasar untuk pencairanya pun sudah ada yaitu Peraturan Bupati nomor 23 tahun 2019. Proses pencairanya tergantung kesiapan surat perintah membayar (SPM). “Asalkan SPM sudah sesuai akan disusul dengan penerbitan SP2D. Setelah selesai baru akan dikirimkan ke rekening masing-masing ASN seperti gaji bulanan,” imbuhnya.

Berkait pencairan gaji ke-13, Pemkab mengimbau ASN untuk menggunakan dana itu sebaik mungkin untuk kepentingan sekolah. Selain itu, ASN diminta taat membayar pajak sebab pajak akan kembali menjadi pendapatan negara untuk pembangunan. Meskipun lunasnya pajak bukan syarat cairnya gaji ke-13, ASN diimbau untuk memberikan contoh ke masyarakat. (Ahmad Husein)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here