Gelaran Pilkades Desa Sumur Dibuat ala Hajatan Pernikahan

0
68
pilkades-hajatan-desa-sumur
MENYAMBUT TAMU: Calon Kades Sumur, Kecamatan Tamansari, Siti Prihatin siap menyambut kedatangan para pemilih dalam hajatan Pilkades.(suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

DESA Sumur, Kecamatan Tamansari turut menggelar Pilkades serentak yang diikuti total 228 desa se-Kabupaten Boyolali, Sabtu (29/6). Bedanya, Pilkades Sumur berlangsung semarak.

Perhelatan demokrasi di Sumur digelar laiknya pesta pernikahan. Bahkan, kedua calon yang bertanding mengenakan busana kejawen. Keduanya kompak berdiri berdampingan menyambut warganya di yang datang ke TPS di halaman balai desa setempat.

Turut menyalami para tamu atau pemilih, para panitia yang juga mengenakan busana kejawen. Suasana semakin marak karena pemilih juga dihibur musik campursari. Tak heran pemilih rela duduk berlama- lama di TPS yang juga dihias mirip orang punya hajatan.

Warga pun maklum dengan suasana tersebut. Pasalnya, kedua calon adalah pasangan suami istri. Siti Prihatin, calon no 1 adalah petahana. Dia menggandeng suaminya, Wijiyatna sebagai calon no 2.

“Konsep pemilihan kepala desa Sumur memang sengaja dibuat seperti ini bertujuan untuk menciptakan suasana ayem tentrem,guyub rukun. Bisa menciptakan Desa Sumur Smile of Boyolali,” kata Ketua Panitia Pilkades Desa Sumur, Suyatna.

Konsep seperti pesta pernikahan, lanjut dia, sekaligus dimaksudkan untuk menghilangkan kesan sakral terhadap Pilkades sekaligus melestarikan budaya jawa. “Kami berharap siapa pun yang terpilih nanti bisa menjadi pengayom untuk warga Desa Sumur.”

Adu program

Calon Kades, Siti Prihatin berujar jika nanti terpilih kembali dirinya berkomitmen akan fokus ke pembangunan infrastruktur. Hal ini sesuai anjuran dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

“Program sebelumnya, berhasil membangun balai desa. Kedepan,  pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok desa akan ditingkatkan.”

Sedangkan calon kepala desa nomor 2, Wijiyatno mengatakan, dirinya memang sengaja ikut kompetisi dalam gelaran Pilkades Sumur. “Kalah menang adalah hal biasa dalam Pilkades. Justru yang penting, kades terpilih memiliki tanggungjawab memajukan pembangunan desanya.”

Dari hasil penghitungan suara akhir, Siti Prihatin memenangkan Pilkades dengan sistem e-voting tersebut. Dia mampu meraup 1.198 suara sedangkan sang suami hanya mampu meraih 303 suara dan tiga suara lainnya tidak sah. (Joko Murdowo)

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here