KPH Edy : ”Yang Jadi Sinuhun, Biar Tetap Jadi Sinuhun….,”

0
147
gaji-abdidalem-keraton1
SUASANA saat berlangsungnya pertemuan silaturahmi para pengageng bebadan yang dipimpin Gusti Moeng dengan 400-an abdidalem garap di Sitinggil Lor, Jumat siang (28/6). (Suaramerdekasolo.com/Won Poerwono)

‘Dados, wiwit minggu kaping kalih wulan ngajeng, panjenengan sadaya lan kula pinaggih wonten mriki nggih? Setuju nggih? Sepakat nggih?,”

*Yang Kurang Baik Perlu Didoakan Agar Menjadi Baik

PENDAPA Sitinggil Lor Keraton Kasunan Surakarta yang biasanya hanya ramai dikunjungi orang tiap ada jamasan meriam Nyai Setomi setahun sekali sekitar bulan Mulud, atau tiap Kamis malam Jumat bagi yang wungon atau bermeditasi, dalam beberapa bulan terakhir berubah menjadi ramai di siang hari karena berkumpul para abdidalem garap.

Ternyata, tiap sebulan sekali Pengageng Sasana Wilapa mengundang para pegawai keraton yang jumlahnya lebih dari 500 orang itu, karena selain untuk ajang bersilaturahmi dengan semua unsur bebadan dan jajarannya, juga untuk membagikan gaji untuk mereka.

‘Dados, wiwit minggu kaping kalih wulan ngajeng, panjenengan sadaya lan kula pinaggih wonten mriki nggih? Setuju nggih? Sepakat nggih?,” tanya Gusti Moeng yang dijawab teriak aklamasi ”setuju…, sepakat…., sendika…” sekitar 400 abdidalem garap yang hadir Jumat siang (28/9) itu.

Dalam pertemuan silaturahmi yang dihadiri sejumlah Pengageng dan Wakil Pengageng siang sehabis jumatan itu, diisi sambutan bergiliran antara GKR Wandansari Koes Moertijah atau Gusti Moeng sebagai Pengageng Sasana Wilapa dan KPH Edy Wirabhumi sebagai Pangarsa Punjer Pakasa.

Selain kedua tokoh yang suami-istri itu, tampak hadir GKR Galuh Kencana (Pengageng Keputren) dan wakil (GKR Timoer),GKR Retno Dumilah (Pengageng Pasiten), GPH Nur Cahyaningrat (Pengageng Yogiswara), KGPH Mangkubumi (Pengageng Kartipura), GKR Ayu Koes Indriyah (Humas), KPH Broto Adiningrat (Wakil Pengageng Kusuma Wandawa), KPH Kusumo Sangkoyo (Pengageng Kartipraja) dan beberapa lainnya.

gaji-abdidalem-keraton2
PEMBAGIAN gaji para abdidalem garap yang dilakukan Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta di salah satu ruang di Kantor Badan Pengelola Keraton Surakarta, beberapa waktu lalu. (Suaramerdekasolo.com/Won Poerwono)

Selain dua hal di atas, acara siang itu juga digunakan Gusti Moeng untuk mengambil kesepakatan menentukan waktu pertemuan silaturahmi mulai bulan depan, yaitu pada minggu kedua di Pendapa Sitinggil Lor, mulai pukul 10.00. Acara kemarin juga digunakan untuk mengingatkan kepada semua abdidalem garap untuk membubuhkan tandatangan pada daftar absen, karena akan digunakan sebagai dasar untuk proses transfer gaji masing-masing abdidalem.

Halaman: First |1 | 2 | 3 | Selanjutnya → | Last

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here