Pemerintah Saudi Ujicoba Tenda Bertingkat Pada Musim Haji 2019

0
36
tenda-bertingkat-mina

*Realisasi Tenda Bertingkat 2020

JAKARTA,suaramerdekasolo.comPemerintah Arab Saudi terus melakukan penyempurnaan-penyempurnaan dalam pelayanan ibadah hai setiap tahunnya. Pada 2019 ini, Pemerintah Arab Saudi sedang mengkaji penyediaan tenda bertingkat di Mina. Inovasi yang rencananya akan digunakan pada musim haji tahun mendatang ini telah dipamerkan pada Expo Masyair.

“Foto dan video yang viral itu hanya contoh untuk diujicobakan pelaksanaannya, bisa jadi untuk tahun depan. Contoh tenda tersebut berada di pameran,” terang Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis  seperti yang dikutip dari website remsi Kemenang RI.

Penjelasan tentang rencana ujicoba ini sekaligus merespon informasi yang viral di media sosial bawha tahun ini akan dilakukan proyek penggantian tenda di Mina. Disebutkan juga bahwa tenda tersebut terdiri dari dua lantai dengan WC/Toilet yang dan kasur dua tingkat. Informasi ini disertai dengan foto bagian luar dan video bagian dalam tenda bertingkat yang akan digunakan.

“Berdasarkan informasi dari Ketua Muassasah Asia Tenggaran Amin Indragiri, proyek penyediaan tenda bertingkat tidak untuk dilaksanakan tahun ini,” tutur Sri Ilham di Jakarta, Jumat (28/06)

Kajian-kajian seperti ini memang diperlukan oleh Pemerintah Arab Saudi sebelum menerapkannya secara resmi. Apalagi Mina memiliki areal terbatas sehingga jamaah tidak terlalu banyak mendapatkan ruang saat menginap (mabit) di sana. Karena jangka waktu menginap antara dua sampai tiga malam. Keterbasan area itu juga berdampak pada keterbatasan toilet. Akibatnya, fase mabit di Mina selalu diwarnai antrian panjang jemaah saat akan ke toilet.

“Terobosan ini baik. Semoga bisa segera diterapkan dan menjadi solusi atas keterbatasan areal yang ada di Mina, dan jamaah bisa lebih nyaman dalam beribadah,” tutupnya. (Humas Kemenag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here