Belasan Penunggak Sewa Rusunawa Kerkov Bakal Ditertibkan

0
13
sewa-rusunawa
RUSUNAWA- Belasan penghuni yang menghuni di rusunawa di Solo, akan ditertibkan karena pada nunggak sewa, Rabu (3/7). Suaramerdekasolo.com (Yoma Times Suryadi)


SOLO, suaramerdekasolo.com-Belasan penghuni rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Kerkov, Jebres, diketahui menunggak uang sewa. Tunggakan uang sewa terjadi mulai dari satu tahun sampai lebih dari tiga tahun. Pemkot pun akan melakukan tindakan tegas dengan melakukan penertiban dengan melakukan penyegelan kamar di Rusunawa Kerkov.

“Tunggakan sewa itu sudah terjadi sejak tahun 2016 lalu sampai sekarang. Ada yang menunggak Rp 1 juta lebih sampai yang paling banyak Rp 3,8 juta,” ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kota Solo, Iswan Fitradias, Rabu (4/7).

Dari data yang ada, Iswan melanjutkan, awalnya ada 21 penghuni Rusunawa Kerkov yang menunggak uang sewa. Tetapi, saat akan ditertibkan ada sejumlah penghuni yang melakukam pelunasan. Dan sampai kemarin, jumlah penunggak uang sewa tinggal 11 orang.

“Sebelum melakukan penyegelan, kami sudah melayangkan surat peringatan kepada penghuni. Mulai dari peringatan pertama, kedua hingga peringatan ketiga sudah kami layangkan. Tetapi, masih saja ada yang tidak melunasi tunggakannya,” katanya.

Iswan menyebutkan, peringatan pertama sudah dilayangkam awal Februari lalu, kemudian disusul peringatan kedu pada 25 Maret. Dan peringatan ketiga dilayangkan akhir April. Karena masih ada yang tidak melakukan pelunasan, maka pihaknya berencana melakukan penyegelan.

“Besok (Kamis) kami bersama Satpol PP dan kepolisian akan melakukan penyegelan di Rusunawa Kerkov. Kami akan meminta penghuni yang tidak membayar uang sewa agar mengosongkan huniannya. Dan kami juga memberikan batas waktu kepada penyewa untuk pengosongan,” beber Iswan.

Mengenai alasan penghuni yang menunggak uang sewa, Iswan mengatakan, ada berbagai alasan. Mulai dari untuk pembayaran sekolah, menunggu kiriman dari luar negeri, untuk biaya pengobatan dan lainnya.

Dengan adanya tindakan tegas ini, Iswan berharap bisa menjadi pelajaran bagi penyewa yang lain agar lebih tertib melakukan pembayaran uang sewa. Untuk besaran uang sewa Rusunawa bervariasi, mulai dari Rp 70 ribu per bulan sampai dengan Rp 100 ribu per bulan.

“Ini kami menangani yang parah dulu, kalau yang lain supaya bisa mengikuti untuk tertib melajukan pembayaran uang sewa,” tandas Iswan. (Ari Purnomo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here