Belum Pasti Jadwal Penetapan Anggota DPRD Terpilih Surakarta

0
21
penetapan-anggota-legislatif-surakarta
RAPAT PLENO : Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti (dua dari kanan) membacakan penundaan penetapan perolehan suara parpol dan penetapan anggota legislatif terpilih Kota Surakarta di The Royal Surakarta Heritage, Rabu (3/7). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

-Tunggu Surat KPU RI

SOLO,suaramerdekasolo.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta belum pasti menjadwalkan kapan anggota legislatif Kota Surakarta terpilih periode 2019-2024 ditetapkan. Pasalnya rapat pleno terbuka penetapan perolehan suara parpol dan calon terpilih anggota DPRD Surakarta 2019-2024 masih menunggu keputusan resmi dari KPU RI tentang kabar ada tidaknya sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Dijumpai usai memimpin rapat pleno yang dihadiri penyelenggara pemilu, pimpinan partai dan undangan di The Royal Surakarta Heritage, Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti mengungkapkan, penundaan rapat Pleno harus disampaikan.
“Sebenarnya dari laman (situs/website MK-red), sengketa pemilu, khususnya DPRD Kota Surakarta tidak ada. Tapi MK belum mengeluarkan Buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) caleg. Sesuai dengan PKPU No 5 tahun 2019 harus menunggu paling lambat tiga hari setelah dinyatakan tidak ada sengketa,”
terangnya kepada wartawan.
Nurul menjelaskan, setelah MK mengeluarkan BRPK dan mengirimkan surat ke KPU RI, maka KPU RI baru mengeluarkan surat penetapan calon legislatif.
Dasar inilah yang bisa dipakai untuk menggelar rapat pleno
Dikatakan dalam rapat yang digelar kemarin, KPU menjelaskan tentang rumus perolehan suara dan cara mendapatkan kursi di legislatif. Meski belum ditetapkan secara resmi, perolehan suara dan kursi itulah yang nanti ditetapkan dalam rapat pleno.
Ketua Bawaslu Surakarta, Budi Wahyono saat dijumpai di kantornya secara terpisah mengungkapkan, penundaan proses penetapan perolehan suara dan kursi bagian dari mekanisme yang harus dilewati KPU Surakarta. Sebab KPU Surakarta harus mengikuti arahan dari KPU RI, sebab KPU Kota harus tsamina watona dengan KPU RI. Dalam kaitannya dengan pleno perolahan suara dan penetapan kursi Bawaslu akan selalu hadir karena itu tahapan pemilu yang harus dilewati.
“Kami akan selalu karena pleno penetapan perolehan suara dan kursi legislatif itu merpakan tahapan pemilu,” kata Budi. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here