Ambil Tindakan Tegas, Pemkot Surakarta Segel Tiga Hunian Di Rusunawa Kerkov

0
5
penyegelan-hunian-rusunawa-kerkov
PROSES PENYEGELAN : Petugas menyegel hunian di Rusunawa Kerkov, Jebres, Kamis (4/7). Penyegelan dilakukan karena penghuni menunggak uang sewa hingga tiga tahun. (suaramerdekasolo.com/Ari Purnomo)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Pemkot Surakarta akhirnya mengambil tindakan tegas terhadap penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kerkov yang menunggu sewa. Sedikitnya tiga penghuni terancam tidak bisa menempati Rusunawa Kerkov selepas Pemkot melakukan penyegelan.n

Peyegelan tiga rumah di Rusunawa dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Dinas Perumahan, Penataan Permukiman dan Pertanahan (Perkim), Bagian Hukum, Satpol PP, Kelurahan Purwodiningratan dan Kecamatan Jebres, Kamis (4/7/2019).

Plt Dinas Perkim Kota Surakarta, Lilik Joko Saptiyanto mengatakan, pihaknya sudah memberikan waktu cukup lama kepada penghuni Rusunawa untuk melunasi tunggakannya. Akan tetapi, hingga batas waktu yang ditetapkan, ada tiga penghuni yang tidak juga melunasi tunggakan.

“Sebelumnya kami sudah memberi waktu untuk pelunasan. Tapi, sampai sekarang tidak juga dilunasi. Sebelum kami mengambil tindakan, kami sudah melayangkan surat peringatan (SP) tiga kali. Dan sekarang kami melakukan penyegelan,” beber Lilik.

Selanjutnya, tambah Lilik, ketiga penghuni tersebut juga akan dicabut hak penempatannya. Dengan begitu, mereka pun tidak bisa lagi menempati Rusunawa Kerkov. Lilik juga mengatakan, sebelum dilakukan penyegelan, ada 21 penghuni yang menunggak uang sewa.

Mulai dari Rp 1,8 juta sampai yang terbesar Rp 3,8 juta. Tetapi, saat akan dilakukan penyegelan, ada 18 penghuni yang sudah melunasi tunggakannya. “Yang tiga ini tidak juga melunasi tunggakannya. Yang 18 sudah melunasi tunggakan sewanya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa Dinas Perkim, Iswan Fitradias menjelaskan, penertiban dilakukan untuk memberikan efek terhadap penghuni Rusunawa. Dengan adanya penertiban ini, diharapkan para penghuni lain bisa tertib membayar uang sewa. (Ari Purnomo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here