Jika Calon Terpilih DPRD Tak Mau Namanya Tercoret, Ikuti Imbaun KPU ini

0
31
lhkpn-calon-terpilih-dprd-surakarta
PENGUMUMAN KPU : Anggota partai politik Solo saat mengikuti rapat pleno terbuka di The Royal Surakarta Heritage, Rabu (3/7). (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Meski KPU Surakarta belum menetapkan perolehan suara parpol dan calon terpilih DPRD Surakarta periode 2019-2024 dalam rapat pleno terbuka. KPU tetap memberikan pengumuman kepada partai dan calon terpilih agar segera mengumpulkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).
Jika sampai batas waktu tertentu LHKPN ini tidak segera dipenuhi maka keterpilihan anggota DPRD terkait bisa terancam tercoret.

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti dalam sebuah acara di The Royal Surakarta Heritage, Rabu (3/7) mengimbau calon terpilih untuk segera menyampaikan kepada terkait tanda terima menyelesaikan LHKPN-nya.

“Paling lambat tujuh hari setelah penetapan (anggota terpilih DPRD Surakarta-red) KPU. Tanda terima harus sudah disampaikan calon terpilih kepada KPU,” tegasnya.

Nurul mengungkapkan tanda terima telah menyelesaikan laporan harta kekayaan ke lembaga terkait ini nantinya dijadikan dasar usulan pelantikan gubernur melalui wali kota. Pihaknya meminta baik parpol dan calon terpilih segera merespons pengumuman ini.

“Saya mohon responsifnya, sehingga kerja sama yang baik ini, hasilnya baik,” katanya.

Mengingatkan

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surakarta Budi Wahyono juga mendesak syarat wajib penyampaian LHKPN segera diselesiakan calon terpilih. Pihaknya akan memastikan setiap anggota terpilih mematuhi aturan itu.
Wakil Ketua DPD Golkar Surakarta secara terpisah mengatakan, tiga kader partai yang lolos ke Karangasem (DPRD Surakarta) sudah menyelesaikan penyusuan LHKPN. “Oh sudah, yang dua sudah selesai, dan satu anggota terpilih malah mengurus sendiri,” imbuhnya. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here