Puncak Gajahmungkur Suguhkan Pemandangan Wonogiri-Sukoharjo

puncak-gunung-gajah-mungkur
MENIKMATI PEMANDANGAN : Pengunjung menikmati pemandangan alam dari puncak Gunung Gajahmungkur, Dusun Pringapus, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (suaramedekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Deretan Pegunungan Seribu (Gunung Sewu) di selatan Pulau Jawa menyimpan banyak potensi wisata yang mengagumkan. Salah satunya adalah puncak Gunung Gajahmungkur yang berada di dekat perbatasan Dusun Pringapus, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran (Kabupaten Wonogiri) dengan Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu (Kabupaten Sukoharjo). 
 
Gunar Setyawan, pemerhati wisata alam asal Kabupaten Wonogiri mengungkapkan, jalur terdekat menuju Puncak Gajahmungkur bisa ditempuh melalui Dusun Pringapus, Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. “Gunung itu berada di dekat perbatasan Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri,” katanya saat mendaki puncak tersebut, baru-baru ini.
 
Kendaraan para pengunjung dapat diparkir di permukiman terdekat, baik di Dusun Pringapus maupun Dusun Kerjo yang bersebelahan. Selanjutnya, pengunjung berjalan kaki sekitar setengah kilometer ke arah utara. 
 
Jalurnya menanjak namun tidak terlalu ekstrem, sehingga terbilang mudah bagi wisatawan yang hobi mendaki gunung. Mereka cukup memerlukan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki sampai Puncak Gajahmungkur.
 
Sebagian warga sekitar juga menamai puncak tersebut dengan sebutan Puncak Laskar Pelangi. Di dekat puncak itu masih ada satu puncak lagi, namun lebih sulit dicapai karena jalurnya masih banyak ditumbuhi rumput ilalang. 
 
Dari Puncak Gajahmungkur, pengunjung bisa menyaksikan keindahan bentang alam sebagian wilayah Kabupaten Wonogiri hingga Kabupaten Sukoharjo. Bahkan jika cuaca cerah, wisatawan dapat melihat Kota Surakarta dari puncak tersebut.
 
Menurut Gunar, puncak itu juga merupakan lokasi yang sangat bagus untuk menyaksikan keindahan  sunrise (matahari terbit) maupun sunset (matahari tenggelam). Pemandangan di malam hari tidak kalah menarik ketika langit cerah. Pasalnya, para pendaki bisa menikmati kelap-kelip lampu kota dari wilayah Wonogiri, Sukoharjo, hingga Kota Solo yang sangat indah. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here