Cabang Olahraga Wajib Buka Rekening Di Bank Jateng

0
52
cabor-buka-rekening-bank-jateng
BUKA REKENING : Petugas Bank Jateng Cabang Klaten membantu pengurus cabang olahraga mengisi formulir untuk membuka rekening di Sekretariat KONI, Jumat (5/7).(suaramerdekadolo.com/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – KONI mewajibkan semua cabang olahraga di bawah KONI Kabupaten Klaten untuk membuka rekening di Bank Jateng Cabang Klaten. Rekening tersebut nantinya akan digunakan KONI untuk mentransfer dana operasional bagi cabang olahraga.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum KONI Klaten Parwanto saat rapat koordinasi dengan semua pengurus cabang olahraga di Gedung Sarana Olahraga KONI di Jonggrangan, Klaten Utara, Jumat (5/7). Kegiatan itu dihadiri pangurus KONI Periode 2019-2023, Dewan Penasehat dan para pengurus cabang olahraga anggota KONI.

Sekretaris Umum KONI Tarmuji mengatakan, sesuai aturan yang baru, semua aliran dana dari KONI kepada cabang olahraga harus dilakukan melalui transfer bank. Hal itu untuk transparansi pengelolaan dana cabang olahraga dan mempermudah proses penyaluran anggaran operasional cabang olahraga. Selain itu, menghindari adanya penyalahgunaan anggaran.

‘’Pembukaan rekening cabang olahraga di Bank Jateng dilakukan dengan menggunakan nama dan tanda tangan dari Ketua dan Bendahara cabang olahraga. Saat pencairan juga hanya bisa dilakukan oleh ketua bersama bendahara,’’ tegas Tarmuji.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Ketua Umum KONI Parwanto itu, didatangkan petugas dari Bank Jateng Cabang Klaten untuk memberikan penjelasan tentang tata cara pengisian formulir, persyaratan yang dibutuhkan, cara pencairan dan lainnya. Pada rakor tersebut juga telah disediakan formulir pembukaan rekening.

‘’Dalam penggunaan anggaran, tidak hanya harus tertib dalam penyaluran dan penggunaan dana saja, tapi cara pembuatan SPJ juga harus sesuai ketentuan. Ini sikap kehati-hatian KONI untuk menghindari kesalahan yang berujung masalah hukum. BPK juga sangat teliti dalam melakukan audit penggunaan dana hibah dari Pemkab Klaten,’’ tegas Parwanto.

Dalam kesempatan itu, sejumlah pengurus cabang olahraga sudah langsung mengisi dormulir dan memasukkan persyaratan yang dibutuhkan. Pembuatan rekening dilakukan secara kolektif untuk memudahkan. Nantinya, rekening harus dipegang pihak yang berwenang.

Namun beberapa masalah muncul, salah satunya dialami Perbakin karena bendahara yang namanya tercantum di dalam kepengurusan sudah pindah domisili ke luar provinsi. Untuk menyikapi hal itu, disarankan untuk membuat surat pernyataan pindah kewenangan, agar urusan pencarian dana bisa berjalan lancar.

Sigit HS dari Perpani justru berharap agar pencairan dana lebih dipermudah, karena sejumlah pengurus cabang olahraga sibuk dengan pekerjaan utamanya sehingga ketua dan bendahara kadang sulit untuk datang bersama ke bank mengurus pencairan dana. ‘’Saya berharap, blangko pencairan bisa ditandatangani ketua dan bendahara sesuai aturan, tapi pengambilannya bisa dilakukan salah satu,’’ ujar Sigit.

Dewan Penasehat KONI Klaten Otto Saksono mengatakan, pembukaan rekening dilakukan sesuai ketentuan demi tertib administrasi penggunaan dana. Sudah ada beberapa pengurus KONI terkena masalah hukum karena administrasi yang kurang tertib. Karenanya, KONI Klaten berusaha mengelola anggaran sesuai ketentuan yang berlaku.(Merawati Sunantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here