Kejuaraan Panjat Tebing UMS, Aman Syahril Bidik Medali di Metala

0
17
panjat-teing-ums
BOULDER: Pemanjat Solo Aman Syahril berusaha menyelesaikan jalur pemanjatan di papan boulder kompleks Stadion Manahan, beberapa waktu lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)


SOLO,suaramerdekasolo.comAtlet Solo Aman Syahril membidik peringkat tiga besar pada kejuaraan panjat tebing Metala Boulder Competition (MBC) 2019, pekan depan. Perburuan akan dilakukan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta itu pada ajang yang diselenggarakan di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), 19-20 Juli mendatang.

’Sekarang saya sedang mematangkan performa dalam latihan setiap sore di papan panjat kompleks Stadion Manahan. Mudah-mudahan saya bisa mewujudkan target itu,’’ kata dia, Jumat (5/7).

Atlet berambut kribo tersebut selama ini menempa diri pada tiga kategori sekaligus dalam berbagai latihan. Selain boulder, dia juga berlatih di papan lead dan speed. Pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Rayon II Surakarta di Manahan, pekan keempat April lalu, dia meraih peringkat kedua pada ketiga kategori itu.

‘’Sekarang saya berkonsentrasi penuh untuk bersaing di papan boulder pada kejuaraan di Metala nanti. Apalagi seusai kompetisi itu, saya juga akan turun lagi pada kejuaraan POM Jateng yang infonya akan digelar akhir Juni,’’ ujar Aman.

Mantapkan Performa

Pada ajang tingkat Jateng tersebut, tiga pemanjat mahasiswa Rayon II Surakarta bakal bersaing di kelompok putra. Aman Syahril akan turun bersama dua rekannya, yakni Ade Candradinata dan Loqman Perdana, keduanya mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Maka sebagai rangkaian persiapan menghadapi POM Jateng, Aman memanfaatkan ajang MBC untuk pemantapan performanya. Kendati demikian, dia memprediksi persaingan adu ketangguhan di kampus UMS kawasan Pabelan, pekan depan, bakal berlangsung sengit. Sebab, kejuaraan itu bersifat terbuka dan skalanya nasional.

‘’Jadi persaingannya sudah pasti ketat. Saya harus menghadapi para peserta dari berbagai daerah. Tapi saya bertekad memenangi persainan nanti,’’ tandas dia.

Aman merupakan pemanjat yang turut memperkuat kontingen Pengkot Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Solo pada Porprov XIV/2013 yang diselenggarakan di Banyumas. Namun dia tidak masuk tim pada Porprov XV di Solo.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here