Pesilat Solo Perkuat Tim Inti Pelatda Jateng

0
25
pesilat-solo-Selekprov-jateng
LATIHAN: Pesilat putri Solo Nadia Haq Umami (kanan) bersama atlet lain menjalani latihan peningkatan kemampuan fisik pelatnas di Hotel Lorin, Colomadu, pekan lalu.(suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Usai Ikuti Selekprov di Semarang

SOLO,suaramerdekasolo.com – Empat pesilat Solo masuk tim inti pelatda pencak silat PON Jateng. Atlet pelatnas proyeksi SEA Games Filipina 2019 Nadia Haq Umami Nur Cahyani tetap bertahan di posisinya sebagai awak pelatda di kelas B putri. Pesilat lain Kota Bengawan adalah Sapto Purnomo di kelas F putra, Agna Dewangga Musthofa (kelas D putra) dan Zidni Rahma Amali di kategori tunggal putri.

Mereka lolos dalam seleksi provinsi (selekprov) pencak silat sekaligus ajang promosi-degradasi tim PON Jateng di Semarang, 29-30 Juni lalu. Selanjutnya para atlet terutama yang diplot turun pada kategori tanding, melanjutkan latihan intensif di kawasann Gajahan, Colomadu.

‘’Selain Nadia Haq, pesilat pelatnas asal Klaten Khoirudin Mustakim juga tetap masuk dalam tim inti pelatda Jateng untuk menghadapi Pra-PON,’’ kata pelatih pelatda, Indro Catur Haryono di Solo, Jumat (5/7).

Pria yang juga pelatih kepala tim pelatnas SEA Games itu menambahkan, para atlet kategori seni atau tunggal-ganda-regu (TGR) selama ini masih berlatih di daerah sendiri-sendiri, selama belum ada training camp (TC). ‘’Sekarang statusnya masih desentralisasi, tapi perkembangan kemampuan mereka terus dipantau,’’ ujarnya.

Belum Dipastikan

Kendati tim inti terutama untuk nomor-nomor tanding sudah dibentuk, namun hingga kini belum ada kepastian mengenai penyeleggaraan Pra-PON 2020. Sebab belum ada forum untuk membahas teknis pelaksanaan pencak silat.

‘’Tetap akan ada fase prakualifikasi, sebelum PON Papua digelar pada 2020. Namun pelaksanaannya kapan, belum dipastikan. Jadi bisa pada 2019 ini atau awal 2020. Tempat prakualifikasi juga belum ada kejelasan,’’ ujar dia.

Para pesilat Solo dan daerah-daerah lain yang memperkuat tim inti pelatda tersebut merupakan atlet-atlet peraih medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV/2018. Mereka juga telah melewati seleksi menghadapi alet-atlet juara kejurprov pencak silat Jateng.

Selain empat atlet di atas, tim Solo juga merebut gelar juara beregu putra dan putri di kategori seni Porprov. Tim beregu putra Kota Bengawan diawaki Ardam Syaifudin, Muhammad Abdul Rozzak dan Bayu Triono. Sedangkan beregu putri diperkuat Hanif Al Dilattof, Alvita Candra Puspita dan Zidni Rahma Amali. ‘’Latihan bersama untuk kategori seni belum dilakukan terpusat,’’ tutur Catur.(Setyo Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here