Koper Jamaah Calhaj Sukoharjo Paling Dulu di Xray

0
10
informasi-haji-2019
FOTO ILUSTRASI


*Tamu Alloh Mulai Masuki Asrama Haji Donohudan Boyolali

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Sebelum jamaah calon haji (calhaj) memasuki Asrama Haji Donohudan Boyolali, terlebih dahulu koper-koper calhaj masuk gudang asrama dan dilakukan pemindaian, dan pola tersebut terus berlangsung hingga masa pemberangkatan haji 2019 usai.
Tujuan pemindain dan pengecekan koper milik jamaah ini adalah memastikan barang yang dibawa sesuai prosedur yang ditetapkan penerbangan internasional.

Seperti proses pemindaian 739 koper calhaj asal Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Jumat (5/7). Koper yang diangkut dengan enam truk itu di Xray dan ditimbang beratnya.

Berdasarkan hasil kur’ah (pengundian) Sukoharjo mendapatkan nomer urut pertama kloter, sehingga jemaah Calhaj asal Sukoharjo sebanyak 739 yang terbagi dalam 353 jamaah di kloter satu, 355 di kloter dua, 20 jamaah di kloter tiga dan sisanya yang akan masuk kedalam kloter sapu jagad, dua diantaranya yakni kloter pertama dan kloter kedua akan diberangkatkan lebih awal ke embarkasi Donohudan Sabtu (06/07).

Menurut Kasubbag TU Kankemenag Sukoharjo Riv Rozi seperti dirilis dari website kemenag jateng mengatakan, acara pelepasan jemaah calhaj akan digelar di Graha Saya Praja (GSP) Kabupaten Sukoharjo Sabtu (6/7) pukul 05.30 WIB kemudian dilepas oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.
“ Jamaah Calhaj harus sudah siap di GSP pagi-pagi sekali karena akan diberangkatkan oleh pak Bupati jam 05.30 pagi menuju Donohudan,” kata Riv Rozi.

 Riv Rozi menuturkan jamaah Calhaj akan mengikuti serangkaian kegiatan di antaranya, seremonial penerimaan, pemeriksaan kesehatan terakhir.

  “ Jamaah calhaj putra dan puti nantinya akan dipisah untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan terakhir yang biasanya membutuhkan waktu dua jam per kloternya,” tuturnya.

Jamaah calon haji akan menerima passpor, living cost sebanyak 1500 real, pengembalian biaya pembuatan paspor sekitar 355ribu dan gelang identitas. Setelah itu jamaah Calhaj dipersiapkan untuk mengikuti pelepasan oleh Gubernur Jawa Tengan keesokan harinya. (Budi/humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here