Ingin Ketahui Volume dan Kualitas Air Sumber Jenar bakal Disedot

0
117
sumber-air-jenar-wonogiri
MEMERIKSA LUBANG : Camat Pracimantoro Warsito memeriksa lubang sumber air yang baru saja ditemukan di Dusun Jenar RT4 RW15 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (6/7).(suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

*Sumber Air Ditemukan Penambang di Pracimantoro

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com Sumber air yang baru saja ditemukan warga di Dusun Jenar RT4 RW 15 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri akan disedot. Hal itu untuk memastikan kemampuan sumber air apabila hendak disalurkan ke permukiman untuk mengatasi kekeringan.

Camat Pracimantoro Warsito mengatakan, pihaknya berencana meminjam mesin pompa berkapasitas besar kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri. “Dengan pompa itu, kami ingin menyedot airnya ke luar. Sehingga nanti bisa terlihat apakah airnya habis atau debitnya cukup jika disedot terus-menerus,” terangnya saat meninjau lokasi penemuan sumber baru itu, Sabtu (6/7).

Jika debit airnya cukup meskipun disedot terus-menerus, dia yakin sumber air itu akan mampu memenuhi kebutuhan air selama musim kemarau. Pasalnya, sebagian warga daerah tersebut mengalami kekurangan air bersih setiap kemarau tiba.

Jika debit airnya besar, pihaknya berencana menggerakkan warga untuk
membangun kolam renang di sebuah sumber air lain yang berada di dekatnya. “Tembok dan fondasi bangunan kolamnya sudah ada. Tinggal
diperbaiki dan diplester lagi bisa jadi kolam renang,” ujarnya.
Dia yakin debit air di sumber baru itu cukup besar. Aliran airnya kemungkinan berhubungan dengan sumber lain di daerah tersebut, sehingga membentuk sungai bawah tanah.

Di sisi lain, lapisan tanah yang menutupi sekitar sumber baru akan dikeruk. Sehingga kantong air di dalam tanah tersebut terlihat jelas dari permukaan. Saat ini, hanya ada lubang kecil berdiameter satu meter sebagai jalan masuk menuju sumber air.
“Saya juga sudah minta sekitar luweng (rongga bawah tanah) dipagari untuk antisipasi agar jangan ada orang yang terperosok,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, Misran (50) seorang penggali batu menemukan
sebuah sumber air bawah tanah di Dusun Jenar RT4 RW15 Desa/Kecamatan
Pracimantoro, Selasa (2/7). Penggali batu tersebut terkejut ketika
batu yang hendak dia belah amblas ke dalam tanah. Setelah diperiksa, di dalamnya terdapat rongga yang lebih besar dan sebuah kolam dengan diameter mencapai sepuluh meter.

Terpisah, kepala BPBD Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan,
pihaknya bersama relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) dan
mahasiswa pecinta alam dari Solo sudah melakukan pengecekan awal.
“Hasil pemeriksaan awal, jarak antara permukaan tanah dengan permukaan
air sekitar 5,52 meter. Sedangkan kedalaman air mencapai 7,52 meter. Diameter di dalam rongga mencapai 10 meter,” ujarnya. (Khalid Yogi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here