AYo Naik LRT ! Warga DKI Jakarta Antusias Serbu Uji Publik Gratis LRT

0
59
uji-publik-lrt-jakarta2
JAJAL LRT : Warga DKI Jakarta keluar dari Stasiun Velodrome usai menjajal LRT Jakarta. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

*LRT Jakarta Terkoneksi JAK24

JAKARTA,suaramerdekasolo.com – Uji Publik Kereta Light Rail Transit (LRT) yang digelar oleh LRT Jakarta, Jakpro dan Pemprov DKI Jakarta disambut antusiasme warga Ibu Kota sekitarnya.
Akhir pekan transportasi massal berbasis kereta LRT yang beroperasi saat uji coba di Stasiun Velodrome hingga Kelapa Gading diserbu masyarakat.
Warga antre sejak mulai pagi hari sampai malam hari untuk menikmati fasilitas transportasi massal terbarukan ini di Ibu Kota.

LRT ini melayani warga di sepanjang Stasiun Velodrome, Pulomas, Boulevard Selatan, Boulevard utara hingga Pegangsaan Dua. Jam layanan ini dbuka di seluruh stasiun mulai pukul 05.30 WIB sampai 23.00 WIB dengan headway setiap 10 menit.

Pengunjung yang datang tinggal menunjukkan KTP asli bagi yang dewasa. Bagi anak-anak di bawah 13 tahun akan dibantu petugas yang siap berjaga.

Fungsi dari tanda pengenal ini adalah calon penumpang agar mendapatkan kartu untuk bukti masuk dan ditempelkan saat melewati alat boarding. Pada saat selesai dan akan menggunakan fasilitas LRT ini, calon penumpang harus melewati alat boarding ini. Tetap setelah menyelesaikan aktivitas naik LRT ini, kartu harus diserahkan kembali ke petugas.

Uji Coba LRT 

Dikutip dari https://www.lrtjakarta.co.id/, Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan, masa uji publik akan diperpanjang hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Allan mengatakan, perpanjangan masa uji publik itu merupakan salah satu persiapan sebelum operasi komersial LDT yang juga belum jelas tanggalnya.

uji-publik-lrt-jakarta6
UJI PUBLIK : Jadwal uji publik LRT Jakarta yang dipublikasikan di sekitar stasiun LRT. (suaramerdekasolo.com/Budi Santoso)

Kelak bila resmi dioperasionalkan, tarif LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome telah ditetapkan flat tarif sebesar Rp 5.000 (Lima ribu rupiah) melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit.

Adapun PT LRT Jakarta, anak perusahaan dari PT Jakarta Propertindo yang ditugasi sebagai badan usaha penyelenggara sarana perkeretaapian LRT atau lintas raya terpadu koridor 1 fase 1 Kelapa Gading-Velodrome, terus mempersiapkan berbagai hal untuk operasional LRT Jakarta sepanjang +5,8 km.LRT Jakarta nantinya terkoneksi dengan layanan JAK24 merupakan layanan rute Senen-Pulogadung via Kelapa Gading yaitu integrasi antarmoda transportasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, JakLingko.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono menyampaikan interkoneksi LRT Jakarta dan JAK24 ini mengupayakan agar warga bangga naik angkutan umum dan moda transportasi baru di DKI Jakarta, yakni MRT Jakarta dan LRT Jakarta.

“LRT hadir untuk sebuah integrasi. Transjakarta sudah hadir sejak 15 tahun lalu. Tahun ini lahir MRT dengan koridor awal Lebak Bulus-Bundaran HI dan LRT Jakarta dengan koridor awal Kelapa GadingVelodrome. Dan Transjakarta hadir untuk mengintegrasikan keduanya,” imbuh Agung. (Budi Santoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here