Camat Purwantoro Ditunggu Saksi Sedang, Rekomendasi KASN

0
sanksi-camat-purwantoro
MENYAMPAIKAN KETERANGAN : Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri Mahbub Ali didampingi anggota Isnawati Solihah dan Joko Wuryanto menyampaikan keterangan di kantor Bawaslu Wonogiri, Selasa (9/7). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.comKomisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah melayangkan surat kepada Bupati Wonogiri dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri. Surat bernomor R2080/KASN/VI/2019 itu merekomendasikan agar Bupati menjatuhkan sanksi disiplin sedang kepada Camat Purwantoro Joko SUsilo karena melanggar netralitas ASN dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu.
 
Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri Mahbub Ali mengatakan, surat tersebut juga dilayangkan kepada Bupati Wonogiri sebagai pejabat pembina kepegawaian Pemkab Wonogiri. “Dalam surat itu, KASN telah mengadakan rapat pleno kemudian memutuskan sanksi untuk Camat Purwantoro Joko Susilo yang terbukti bersalah melanggar netralitas ASN,” katanya di kantor Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Selasa (9/7).
 
KASN merekomendasikan agar Joko Susilo dijatuhi sanksi disiplin sedang, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) no 53/2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil. Bupati harus segera memberikan sanksi, paling lambat hingga 14 hari setelah menerima surat.
 
Apabila hingga batas waktu yang ditentukan berakhir tetapi Bupati tidak memberikan sanksi, KASN akan melayangkan rekomendasi kepada Presiden agar menjatuhkan sanksi kepada Bupati. “Dalam surat tersebut, Bupati sebagai pejabat pembina kepegawaian harus segera memberikan sanksi,” terangnya.
 
Dia menerangkan, sanksi disiplin sedang itu dapat berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan kenaikan pangkat selama satu tahun, atau penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun. 
 
Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonogiri Suharno mengatakan sudah terima surat dari KASN. “Suratnya baru saya terima tadi pagi,” katanya.
 
Pihaknya akan segera menindaklanjuti surat tersebut dengan menggelar rapat disiplin pegawai terlebih dahulu bersama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat Kabupaten. Pihaknya juga akan segera melaporkan hasil rapat tersebut kepada Bupati.
 
Seperti diketahui, Camat Purwantoro Joko Susilo dilaporkan ke Bawaslu Kabupaten Wonogiri. Dia terekam dalam sebuah video sedang menyampaikan sambutan mengarah kepada kampanye dalam sebuah acara yang berlangsung di pendapa Kecamatan Purwantoro, 8 April lalu.
 
Joko sebelumnya mengaku khilaf saat menyampaikan sambutan berbau kampanye pada sebuah acara di pendapa kecamatan tersebut. Di sisi lain, dia berharap keringanan sanksi karena menjadi tulang punggung bagi keluarga dan anak-anaknya yang masih sekolah. (J11-)

Tinggalkan Pesan