Pemkab Karanganyar Ajukan Perubahan APBD Sekitar Rp 136,389 Miliar

0
52
perubahan-apbd--karanganyar-2019
TANDATANGAN – Bupati Juliyatmono menandatangani nota keuangan bersama Ketua DPRD Sumanto, Selasa. (9/7). (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com– Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajukan perubahan APBD mencapai Rp 136,389 miliar lebih yang rencananya akan digunakan untuk pembangunan infrastuktur di lingkungan Pemkab Karanganyar, yang mencanangkan motto di tahun 2019 ini dengan Karanganyar Maju dan Berintegritas.

Dalam penyampaian rancangan nota keuangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas  Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) di depan anggota DPRD yang dipimpin Ketua Dewan Sumanto dan dihadiri seluruh anggota Forkompimda, Selasa.

Perubahan itu berasal dari penambahan pendapatan sebesar Rp 24,650 miliar, penambahan pendapatan lain-lain Rp 9,4 miliar dari bantuan keuangan provinsi, dan sisa lebih perhitungan anggaran yang ditetapkan 221,485 miliar namun sudah terpakai Rp 109,745 miliar sehingga Silpa tinggal Rp 111,739 miliar.

Perubahan anggaran itu untuk penguatan kebijakan pemerataan pembangunan dan pemeliharaan infrastuktur dengan kebijakan umum untuk pengendalian tata ruang, reformasi birokrasi, dan pengembangan infrastruktur sistem terpadu sebagai basis perencanaan pembangunan, pengendalan kebijakan pembangunan, serta pengembangan kerjasama masyarakat.

Juga untuk sinergitas antar-OPD, perlindungan pelestarian pengembangan nilai dasar budaya daerah dalam sistem bermasyarakat  untuk penguatan jati diri, serta reaktualisasi budaya kearifan lokal di lingkungan birokrasi.

Perubahan anggaran itu termasuk untuk penyelenggaraan sistem online pada PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) yang sudah lebih dulu mencairkan dana mendahului anggaran, serta untuk pengentasan alih profesi pedagang sate anjing di Karanganyar yang jumlahnya terus bertambah dari 49 kini menjadi 54 pedagang.(joko dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here