Suhu Capai 45 Derajad, Kaki Terpanggang Bila Tak Pakai Alas Kaki

calhaj-pakai-alas-kaki
FOTO ILUSTRASI (MCH)


MADINAH, suaramerdekasolo.com – Suhu udara Madinah pada siang hari berkisar antara 35 – 45 derajat. Cuaca ini menjadi tantangan tersendiri bagi jamaah haji yang hendak melaksanakan Arbain di Masjid Nabawi.
Suhu panas membuat lantai Masjid Nabawi menjadi panas. Karena itu jemaah harus memakai alas kaki dan diminta untuk melepasnya saat berada di depan pintu masjid.

“Jangan membuka alas kaki sebelum pintu masjid karena khawatir kakinya melepuh. Amankan alas kaki, jangan sampai hilang,” ujar Komandan Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH Arab Saudi 2019 dr Erwinsyah Erick.

Jamaah haji Indonesia yang usia lanjut kerap bermasalah dengan kaki yang melepuh. Jamaah Indonesia berusia lanjut masuk ke masjid membuka sandalnya tidak tepat di depan pintu, tapi saat posisinya masih jauh dari pintu masjid.

“Yang seringkali terjadi adalah mereka lupa menaruh sandal di pintu sebelah mana,” ujar Erick. Sehingga terpaksa berjalan di lantai Masjid Nabawi yang tengah diterpa cuaca panas.

“Kaki jadi melepuh karena menginjak lantai yang panas. Untuk pulih butuh 5-10 hari. Kan kasihan jadi tidak bisa beribadah dengan maksimal,” kata dia di Madinah.

Masjid Nabawi yang juga merupakan sektor khusus (seksus), TGC akan sinergi dengan tim perlindungan jamaah (linjam) dan unsur lain siap memberikan layanan bagi jemaah di Masjid Nabawi.

Ia menyarankan kepada jemaah haji yang lupa menaruh alas kaki, atau kehilangan alas kaki bisa menghubungi sektor khusus di pintu 21, di sana disediakan sandal.(Budi/MHC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here