UNS Akan Terima 1.032 Maru dari Seleksi Mandiri

0
51
UNS

SOLO suaramerdekasolo.com -Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang gagal diterima di bangku kuliah favoritnya,  Universitas Sebelas Maret (UNS) masih membuka pendaftaran melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) 

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengemukakan, melalui jalur seleksi tersebut UNS menyediakan 20 persen dari total kursi mahasiswa baru yang tersedia. Untuk jalur Selekai Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), diterima 30 persen dari total kuota atau 2.027 maru,  dari SBMPTN  sebanyak 3.361 maru atau sekitar 40 persen dari total kuota.

“Tahun ini kami menerima 6.420 mahasiswa baru dari tiga jalur. Untuk Seleksi mandiri alokasinya 20 persen dari total kuota atau sekitar 1.032 mahasiswa baru,” katanya. 

Pendaftaran jalur seleksi mandiri ini telah dibuka pada 2 Juli lalu hingga 21 Juli mendatang. Mahasiswa yang mendaftar SM di UNS bisa memilih tempat pendaftaran di tujuh kota. Lokasi tes ditetapkan di UNS (Surakarta), Universitas Negeri Surabaya/Unesa (Surabaya), Universitas Padjajaran/Unpad (Bandung), UNJ (Jakarta), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/Untirta (Serang), Universitas Lampung/Unila (Lampung), dan Universitas Sumatera Utara/USU (Medan). Tes akan digelar serentak di tujuh tempat tersebut.

“Peserta bisa milih salah satu kota untuk mendaftar sekaligus ujian, ” katanya.

Prof Jamal mengingatkan, SM UNS diseleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang telah diselenggarakan di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) beberapa waktu lalu. Sehingga hanya peserta SBMPTN yang sidah melaksanakan UTBK saja yang bis mendaftar SM di UNS.  

Untuk seleksi tersebut,  peserta juga masih harus mengikuti ujian lagi. Hal ini berbeda dibanding tahun sebelumnya di mana peserta SM hanya akan diseleksi berdasarkan nilai ujian tulis SBMPTN saja. “Seleksi Mandiri ini semua dilaksanakan oleh UNS sendiri.” 

Adapun materi UTBK yang diujikan meliputi tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan Bahasa Indonesia, dan tes kemampuan Bahasa Inggris. Nilai ujian tulis berbasis cetak (UTBC) SM UNS, dan/atau prestasi non-akademik. (Evie Kusnindya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here